DICARI AGEN XAMTHONE PLUS - XAMSLIMER DI SELURUH INDONESIA CALL 085227044550


CARA TERCEPAT ALAMI TANPA EFEK SAMPING MEMPERBESAR PAYUDARA

Tak terasa sudah sejak 2007 saya memulai bisnis online dan jualan herbal islami secara online pula, dan selama bertahun - tahun pertanyaan yang selalu diajukan oleh para pelanggan dan selalu saja sulit saya jawab adalah pertanyaan:

1. Berapa lama khasiatnya bisa terlihat atau terasa

2. Apakah ada garansi uang kembali jika khasiatnya tidak terbukti

3. Apakah benar - benar tanpa efek samping

4. Apakah obat yg bapak jual benar - benar herbal

Bayangkan selama 1 x 24 jam selama bertahun - tahun saya selalu dihantui pertanyaan tersebut. Sebab satu hal… saya ingin benar - benar jadi pengusaha sejati dan bukan penipu sejati yang hanya bisa menjual walaupun pelanggan kecewa.

Untuk mencari jawabannya saya coba googling dari satu hingga ribuan website, saya coba berkunjung dari satu apotik ke apotik lain, dari satu produsen jamu herbal ke produsen lainnya hingga walaupun belum puas saya paling tidak menemukan beberapa jawaaban yang sya harp bis bermanfaat dan memberikan kepuasan pada semua orang yang coba belanja herbal secara online di toko online www.binmuhsingroup.com

Berkaitan dengan TERAPI PAYUDARA DAN CARA MEMPERBESAR UKURAN PAYUDARA MISALNYA :

1. Hampir semua produk yang saya jumpai yang bisa menjawb empat pertanyaan diatas selalu mengandung sebuah herbal yang bernama HULBAH / FENUGREEK sehingga kemudian saya berjualan produk yang 100% murni asli hulbah / feneugreek yang insya Allah dalam khasiat dan kualitas serta berkahnya adalah juara.

2. ESTRO+ NATURAL BREAST FORMULA salah satu produk tercepat dan memberikan garansi 1 bulan untuk perawatan dan pembesaran payudara

3. AMAZING BUST salah satu produk tercepat dan memberikan garansi 2 bulan untuk perawatan dan pembesaran payudara

Paling tidak sampai saat ini saya sedikit punya jawaban untuk mereka yang bertanya : “Mau menambah ukuran berapa lama, silahkan pILIH salah satu produk diatas aja..!!”

UNTUK PEMESANAN HUBUNGI BIN MUHSIN HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797

FENUGREEK JUARA HERBAL PEMBESAR PAYUDARA

BAGAIMANA HULBAH / FENUGREEK BISA MEMPERBESAR PAYUDARA ?

Hulbah / Fenugreek memicu pertumbuhan payudara dalam dua cara: 1) Dengan meniru efek estrogen 2) Dengan merangsang produksi prolaktin. Kedua hormon ini penting untuk perkembangan payudara. Fenugreek aman dan alami merangsang pertumbuhan jaringan yang mengakibatkan lebih besar, lebih kuat, dan payudara yang lebih penuh dan indah menarik. (Fenugreek triggers breast growth in two ways: by mimicking the effects of estrogen and by stimulating the production of prolactin. Both of these hormones are crucial to the development of the breasts. Fenugreek safely and naturally stimulates tissue growth resulting in bigger, firmer, and fuller breasts ). Sumber :http://naturalremedysite.blogspot.com/2007/10/natural-breast-enlargement-with.html

Hulbah / Fenugreek sejak jaman kuno memiliki reputasi sebagai pembesar payudara dan berisi diosgenin yang digunakan untuk membuat sintetik estrogen dan telah terbukti meningkatkan pertumbuhan sel-sel payudara. Anda dapat minum fenugreek sebagai teh, menggunakannya dalam yogurt, saus apel atau sup, atau membuat campuran cahaya dengan lotion dan pijat langsung ke payudara. Mungkin juga membantu dalam meningkatkan hasrat seksual pada wanita dan juga meningkatkan kecantikan dan kesehatan payudara. (Fenugreek has an age old reputation as a breast enlarger and contains diosgenin which is used to make synthetic estrogen and has been shown to promote the growth of breast cells. You can drink fenugreek as a tea, use it in yogurt, applesauce or soups, or make a light mixture with any lotion and massage it directly into the breasts. It may also aid in increasing sexual desire in women as well as increasing breast beauty and health ). Sumber : http://en.allexperts.com/q/ Women-s-Health-3228/Nonsurgical-breast-enlargement.htm

CARA MEMPERBESAR PAYUDARA DENGAN HULBAH / FENUGREEK

1. Minumlah Fengreek sesuai petunjuk di kemasan

2. Seblum tidur minumlah 2 gelas air putih, dalam sehari jangan sampai kurang minum 8 gelas air putih

3. Bangun tidur , anda akan mendapatkan kemajuan pada payudara anda ( sumber :http://www.happyhippie.com/articles/herbal_breast_enlargement__by_hi.htm )

PENELITIAN HULBAH / FENUGREEK BISA MEMPERBESAR PAYUDARA

Menurut The Green Pharmacy oleh James A. Duke, PHD (jika Anda tidak memiliki buku ini, pergi membelinya), Fenugreek adalah “lezat, maple rasa rempah yang membantu mengendalikan gula darah pada penderita diabetes dan Fenugreek Sprouts mungkin memperbesar payudara wanita. Saat itu dicatat dalam sebuah penelitian bahwa setelah makan beberapa porsi adil-kecambah fenugreek selama beberapa hari, bahwa tes payudara subjek tampak agak lebih besar. Ini disebut efek mastogenic. (According to The Green Pharmacy by James A. Duke, PHD (if you don’t own this book, go buy it), Fenugreek is a “tasty, maple-flavored herb that helps controll blood sugar in people with diabetes and Fenugreek Sprouts may enlarge women’s breasts. It was noted in a study that after eating several fair-portions of fenugreek sprouts over the course of several days, that the test subject’s breasts seem somewhat larger. This was called a mastogenic effect) ( Sumber : http://www.happyhippie.com/articles/herbal_breast_ enlargement__by_hi.htm )

TESTIMONI HULBAH BISA MEMPERBESAR PAYUDARA :

So, based on this information, I ordered some Fenugreek caplets online for about $8. I took the the caplets twice a day for three days when I woke up on the third morning and DID notice my breasts were fuller, but they did hurt a bit as well.(Hee..how embarrassing to admit, ok..I’m over it) I have experimented enough by now to come to the conclusion that Fenugreek does indeed cause breast fullness (at least for me). However, I noticed that it may cause some water retention as well. I’m not going to chalk this up to PMS symptoms, because it just wasn’t that time! ( Sumber :http://www.happyhippie.com/articles/herbal_breast_enlargement__by_hi.htm )

Beberapa bulan sebelumnya, ia dan beberapa teman telah tumbuh banyak benih untuk uji rasa kecambah pada makanan herbal fest. Salah satu bibit tumbuh adalahfenugreek.Setelah makan beberapa ukuran adil bagian dari kecambah fenugreek selama beberapa hari, salah seorang wanita melihat payudaranya tampak agak lebih besar. Ini disebut efek mastogenic. ( Sumber :http://www.mothernature.com/Library/bookshelf/Books/41/21.cfm )

Sekarang, seberapa baik apakah fenugreek pembesaran payudara yang telah membuat begitu banyak keributan bekerja Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Dr James A. Duke, yang juga dapat ditemukan dalam buku The Green Pharmacy berbicara tentang kisah seorang wanita yang ditemui tak terduga pembesaran payudaranya setelah dia telah mengambil banyak biji fenugreek kecambah. Kenyataannya adalah bahwa fenugreek bekerja sebagai suplemen pembesaran payudara, melainkan suplemen perangkat tambahan yang berfungsi untuk memperbesar ukuran payudara. Anda hanya perlu mengambil yang asli.

TAMBAH ASI HINGGA 200% DENGAN HERBAL FENUGREEK SECARA AMAN

Fenugreek untuk asi

BISA DIBELI ONLINE DI www.nigellaplus.com

HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797

Fenugreek (Trigonella foenum-graecum). Fenugreek seed telah digunakan untuk meningkatkan produksi susu sejak zaman para nabi. Rempah mengandung phytoestrogen, pabrik bahan kimia yang mirip dengan hormon seks wanita estrogen. Senyawa kunci, diosgenin, telah ditunjukkan secara eksperimental untuk meningkatkan aliran susu. (0)
Apa Fenugreek?

Fenugreek, Trigonella foenum-graecum L., merupakan tanaman tahunan tegak berasal dari selatan Eropa dan Asia. Tidak diragukan lagi salah satu tanaman obat dibudidayakan tertua, fenugreek secara luas tumbuh hari ini di negara-negara Mediterania, Argentina, Perancis, India, Afrika Utara, dan Amerika Serikat sebagai makanan, bumbu, jamu, pewarna, dan tanaman pakan (11,1-128) . Tanaman mencapai ketinggian 0,3-0,8 meter dan memiliki daun yg mempunyai tiga daun. Bunga putih muncul di awal musim panas dan berkembang menjadi panjang, ramping, kuning-coklat polong berisi biji cokelat fenugreek perdagangan. (1)
Fenugreek dan Menyusui
Biji fenugreek mengandung prekursor hormon yang meningkatkan suplai susu. Ilmuwan tidak tahu pasti bagaimana hal ini terjadi. Beberapa percaya ini dimungkinkan karena payudara adalah kelenjar keringat dimodifikasi, dan fenugreek merangsang produksi keringat. Telah ditemukan bahwa fenugreek dapat meningkatkan air susu ibu menyusui pasokan dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah pertama kali mengambil rempah. Sekali tingkat yang memadai produksi susu tercapai, sebagian besar wanita dapat menghentikan fenugreek dan menjaga pasokan susu dengan payudara yang memadai stimulasi. Banyak wanita saat ini mengambil fenugreek dalam bentuk pil (tanah biji ditempatkan dalam kapsul). Pil dapat ditemukan di kebanyakan vitamin dan gizi di banyak toko dan supermarket dan toko makanan alami.Fenugreek juga dapat diambil dalam bentuk teh, walaupun teh diyakini kurang kuat dibandingkan pil dan teh datang dengan rasa pahit yang dapat sulit untuk perut. Fenugreek tidak benar untuk semua orang. Rempah telah menyebabkan gejala asma parah di beberapa wanita dan telah menurunkan kadar glukosa darah dalam beberapa wanita dengan diabetes.

http://216.167.14.128/all_about/all_about_fenugreek.html
Berapa Banyak cara Need to Take?

Fenugreek Kapsul Form (580-610 mg)

2-4 kapsul, 3 kali per hari — 6-12 kapsul (total) per hari
1200-2400 mg, 3 kali per hari (3,5-7,3 gram / hari) (3)
Jerman Komisi E merekomendasikan asupan harian 6 gram (4)

Saya sarankan bahwa Anda hanya membeli Fenugreek dari toko Herbal yang memiliki reputasi baik, kualitas umumnya lebih unggul daripada yang ditemukan dalam rantai toko diskon.
Keselamatan

Fenugreek dianggap aman untuk ibu menyusui ketika digunakan dalam moderasi dan berada di US Food and Drug Administration’s GRAS daftar (Umumnya Diakui Sebagai Safe). Seperti kebanyakan obat-obatan dan rempah-rempah, berbagai efek samping telah dicatat; melihat potensi efek samping dan keamanan informasi di bawah ini. (8)

Per Thomas Hale PhD, Medications and Mothers Milk 2006, “Pengalihan fenugreek ke susu tidak diketahui, tetapi efek yang tak diinginkan belum dilaporkan.” Hale mengklasifikasikan dalam Laktasi Risiko Kategori L3 (cukup aman). (9)
Potensi Side Effects

* Keringat dan air kencing berbau seperti sirup maple (ini umum dan sering merupakan tanda bahwa Anda telah mencapai dosis yang tepat)
* Loose bangku di beberapa wanita, yang pergi ketika fenugreek dihentikan
* Hipoglikemia di beberapa ibu
* Dapat menyebabkan kontraksi rahim - TIDAK gunakan jika anda sedang hamil
* Diabetic ibu harus menggunakan hati-hati dengan fenugreek karena dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa darah. (5)

Little Known Uses

Fenugreek usia tua memiliki reputasi sebagai pembesar payudara dan berisi diosgenin yang digunakan untuk membuat sintetik estrogen dan telah terbukti meningkatkan pertumbuhan sel-sel payudara. Anda dapat minum fenugreek sebagai teh, menggunakannya dalam yogurt, saus apel atau sup, atau membuat campuran cahaya dengan lotion dan pijat langsung ke payudara.Mungkin juga membantu dalam meningkatkan hasrat seksual pada wanita dan juga meningkatkan kecantikan dan kesehatan payudara. Fenugreek mengandung kolin yang dapat membantu proses berpikir, dan antioksidan yang memperlambat penuaan dan membantu mencegah penyakit. Hal ini juga membantu dalam menenangkan PMS dan gejala menopause.Fenugreek juga dianggap sebagai aphrodiasiac dan peremajaan. (6)
Pendukung aktif dan Mekanisme Usulan Aksi

Steroid saponin yang menjelaskan banyak efek menguntungkan fenugreek, khususnya penghambatan penyerapan kolesterol dan synthesis.2 Benih kaya serat makanan, yang mungkin merupakan alasan utama mereka dapat menurunkan kadar gula darah dalam manusia diabetes.3 Satu studi menemukan bahwa fenugreek dapat membantu menurunkan kolesterol dan kadar gula darah pada orang dengan aterosklerosis moderat dan non-insulin-dependent dan tak terkendali diabetes.4 Acak studi telah mengkonfirmasi fenugreek membantu menstabilkan pengendalian gula darah pada pasien dengan insulin-dependent dan non-insulin-dependent diabetes .5 6 7 ditinggikan It membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, 8 termasuk dalam orang-orang dengan diabetes, 9 menurut beberapa penelitian dikontrol. Fenugreek umumnya tidak lebih rendah high-density lipoprotein (HDL) kolesterol. Jenis kolesterol ini diyakini bermanfaat. (7)
Bahan aktif

Biji fenugreek mengandung alkaloid (terutama trigonelline) dan protein tinggi lisin dan L-triptofan. Its steroid saponin (diosgenin, yamogenin, tigogenin, dan neotigogenin) dan serat mucilaginous diperkirakan rekening untuk banyak efek menguntungkan fenugreek. Steroid saponin yang dianggap menghambat penyerapan kolesterol dan sintesis, 2 sedangkan serat dapat membantu menurunkan gula darah manusia levels.3 Satu studi menemukan bahwa fenugreek dapat membantu menurunkan kolesterol dan kadar gula darah pada orang dengan aterosklerosis moderat dan non-insulin-dependent ( tipe 2) diabetes.4 awal dan double blind percobaan telah menemukan bahwa fenugreek membantu meningkatkan pengendalian gula darah pada pasien dengan insulin-dependent (tipe 1) dan non-insulin-dependent (type 2) diabetes.5 6 7 Double-buta persidangan telah menunjukkan bahwa peningkatan fenugreek menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, 8 9 ini juga telah ditemukan dalam percobaan klinis yang terkontrol dengan pasien diabetes dengan peningkatan cholesterol.10 Secara umum, tidak fenugreek lebih rendah HDL ( “baik”) kadar kolesterol. (10)

===

Fenugreek (Trigonella foenum-graecum). Fenugreek seed has been used to increase milk production since biblical times. The herb contains phytoestrogens, which are plant chemicals similar to the female sex hormone estrogen. A key compound, diosgenin, has been shown experimentally to increase milk flow.(0)

What is Fenugreek?

Fenugreek, Trigonella foenum-graecum L., is an erect annual herb native to southern Europe and Asia. Undoubtedly one of the oldest cultivated medicinal plants, fenugreek is widely grown today in the Mediterranean countries, Argentina, France, India, North Africa, and the United States as a food, condiment, medicinal, dye, and forage plant (11.1-128). The plant reaches a height of 0.3 to 0.8 meters and has trifoliate leaves. White flowers appear in early summer and develop into long, slender, yellow-brown pods containing the brown seeds of fenugreek commerce. (1)

Fenugreek and Breastfeeding

Fenugreek seeds contain hormone precursors that increase milk supply. Scientists do not know for sure how this happens. Some believe it is possible because breasts are modified sweat glands, and fenugreek stimulates sweat production. It has been found that fenugreek can increase a nursing mother’s milk supply within 24 to 72 hours after first taking the herb. Once an adequate level of milk production is reached, most women can discontinue the fenugreek and maintain the milk supply with adequate breast stimulation. Many women today take fenugreek in a pill form (ground seeds placed in capsules). The pills can be found at most vitamin and nutrition stores and at many supermarkets and natural foods stores. Fenugreek can also be taken in tea form, although tea is believed to be less potent than the pills and the tea comes with a bitter taste that can be hard to stomach. Fenugreek is not right for everyone. The herb has caused aggravated asthma symptoms in some women and has lowered blood glucose levels in some women with diabetes.

http://216.167.14.128/all_about/all_about_fenugreek.html

How Much do I Need to Take?

Fenugreek Capsule Form (580-610 mg)

2-4 capsules, 3 times per day — 6-12 capsules (total) per day

1200-2400 mg, 3 times per day (3.5-7.3 grams/day) (3)

German Commission E recommends a daily intake of 6 grams (4)

I recommend that you only purchase Fenugreek from a reputable Herbal store, the quality is generally superior to that found in chain discount stores.

Safety

Fenugreek is considered safe for nursing moms when used in moderation and is on the U.S. Food and Drug Administration’s GRAS list (Generally Recognized As Safe). As with most medications and herbs, various side effects have been noted; see the potential side effects and safety information below. (8)

Per Thomas Hale PhD, Medications and Mothers Milk 2006 ,”The transfer of fenugreek into milk is unknown, but untoward effects have not been reported.” Hale classifies it in Lactation Risk Category L3 (moderately safe). (9)

Potential Side Effects

* Sweat and urine smells like maple syrup (this is common and often a sign that you have reached the right dose)

* Loose stools in some women, which go away when fenugreek is discontinued

* Hypoglycemia in some mothers

* Can cause uterine contractions - do NOT use if you’re pregnant

* Diabetic mothers should use caution with fenugreek since it can cause lowering of blood glucose levels. (5)

Little Known Uses

Fenugreek has an age old reputation as a breast enlarger and contains diosgenin which is used to make synthetic estrogen and has been shown to promote the growth of breast cells. You can drink fenugreek as a tea, use it in yogurt, applesauce or soups, or make a light mixture with any lotion and massage it directly into the breasts. It may also aid in increasing sexual desire in women as well as increasing breast beauty and health. Fenugreek contains choline which may aid the thinking process, and antioxidants that slow aging and help prevent disease. It is also helpful in calming PMS and symptoms of menopause. Fenugreek is also considered to be an aphrodiasiac and rejuvenator. (6)

Active Constituents and Proposed Mechanism of Action

The steroidal saponins account for many of the beneficial effects of fenugreek, particularly the inhibition of cholesterol absorption and synthesis.2 The seeds are rich in dietary fiber, which may be the main reason they can lower blood sugar levels in diabetes.3 One human study found that fenugreek can help lower cholesterol and blood sugar levels in persons with moderate atherosclerosis and non-insulin-dependent diabetes.4 Randomized and uncontrolled studies have confirmed fenugreek helps stabilize blood sugar control in patients with insulin-dependent and non-insulin-dependent diabetes.5 6 7 It helps lower elevated cholesterol and triglyceride levels in the blood,8 including in those with diabetes,9 according to several controlled studies. Generally fenugreek does not lower high-density lipoprotein (HDL) cholesterol levels. This type of cholesterol is believed to be beneficial. (7)

Active Ingredients

Fenugreek seeds contain alkaloids (mainly trigonelline) and protein high in lysine and L-tryptophan. Its steroidal saponins (diosgenin, yamogenin, tigogenin, and neotigogenin) and mucilaginous fiber are thought to account for many of the beneficial effects of fenugreek. The steroidal saponins are thought to inhibit cholesterol absorption and synthesis,2 while the fiber may help lower blood sugar levels.3 One human study found that fenugreek can help lower cholesterol and blood sugar levels in people with moderate atherosclerosis and non-insulin-dependent (type 2) diabetes.4 Preliminary and double-blind trials have found that fenugreek helps improve blood sugar control in patients with insulin-dependent (type 1) and non-insulin-dependent (type 2) diabetes.5 6 7 Double-blind trials have shown that fenugreek lowers elevated cholesterol and triglyceride levels in the blood,8 9 This has also been found in a controlled clinical trial with diabetic patients with elevated cholesterol.10 Generally, fenugreek does not lower HDL (“good”) cholesterol levels. (10)

===
Khasiat Bin Muhsin Fenugreek: Membantu pembesaran payudara, Memperbesar penis,gairah seks, kesehatan penis, meningkatkan aliran susu, merangsang rahim, meringankan iritasi jaringan, menurunkan demam, mengurangi gula darah, memperbaiki pencernaan, meningkatkan penyembuhan, telah pencahar, ekspektoran, diuretik, anti parasit dan anti-tumor efek, untuk mempromosikan pertumbuhan rambut (laki-laki ).
Khasiat lainnya: untuk mengobati diabetes pada orang dewasa (akhir-onset diabetes), pencernaan yang buruk, radang lambung, mencegah dan mengobati turun berok/hernia,gangguan pencernaan dan TB, nyeri haid, sakit dan kurangnya tenaga kerja laktasi, atas kehilangan libido, menyakitkan testikel dan ejakulasi dini, penurunan berat badan, anoreksia dan miskin nafsu makan, sakit terkait ginjal, sakit pinggang, menyakitkan testikel, hernia, edema kaki, afrodisiak, untuk pencernaan dan bronkial keluhan, encok dan radang sendi, radang kulit, borok, bisul, eksim dan selulit

Fenugreek dan menyusui - Fenugreek biji mengandung prekursor hormon yang meningkatkan suplai susu. Ilmuwan tidak tahu pasti bagaimana hal ini terjadi. Beberapa percaya ini dimungkinkan karena payudara adalah kelenjar keringat dimodifikasi, dan fenugreek merangsang produksi keringat. Telah ditemukan bahwa fenugreek dapat meningkatkan air susu ibu menyusui pasokan dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah pertama kali mengambil rempah.Sekali tingkat yang memadai produksi susu tercapai, sebagian besar wanita dapat menghentikan fenugreek dan menjaga pasokan susu dengan payudara yang memadai stimulasi. Banyak wanita saat ini mengambil fenugreek dalam bentuk pil (tanah biji ditempatkan dalam kapsul). Pil dapat ditemukan di kebanyakan vitamin dan gizi di banyak toko dan supermarket dan toko makanan alami. Fenugreek juga dapat diambil dalam bentuk teh, walaupun teh diyakini kurang kuat dibandingkan pil dan teh datang dengan rasa pahit yang dapat sulit untuk perut.

Fenugreek tidak benar untuk semua orang. Rempah telah menyebabkan gejala asma parah di beberapa wanita dan telah menurunkan kadar glukosa darah dalam beberapa wanita dengan diabetes. Baca Fenugreek Peringatan dan Dr Ruth Lawrence artikel Herbal dan Menyusui untuk informasi lebih lanjut tentang fenugreek

===

Fenugreek and breastfeeding - Fenugreek seeds contain hormone precursors that increase milk supply. Scientists do not know for sure how this happens. Some believe it is possible because breasts are modified sweat glands, and fenugreek stimulates sweat production. It has been found that fenugreek can increase a nursing mother’s milk supply within 24 to 72 hours after first taking the herb. Once an adequate level of milk production is reached, most women can discontinue the fenugreek and maintain the milk supply with adequate breast stimulation. Many women today take fenugreek in a pill form (ground seeds placed in capsules). The pills can be found at most vitamin and nutrition stores and at many supermarkets and natural foods stores. Fenugreek can also be taken in tea form, although tea is believed to be less potent than the pills and the tea comes with a bitter taste that can be hard to stomach.

Fenugreek is not right for everyone. The herb has caused aggravated asthma symptoms in some women and has lowered blood glucose levels in some women with diabetes. Please read
Fenugreek Precautions and Dr. Ruth Lawrence’s article Herbs and Breastfeeding for more information on fenugreek.

FENUGREEK TEMAN IBU MENYUSUI

HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797

Masalah menyusui

Saya lahir di pedesaan Alabama, dan aku menghabiskan beberapa bulan pertama menyusui dari kedua ibu dan perawat basah hitam. Basah perawat di pedesaan Alabama mengambil herbal untuk mempromosikan laktasi, particularlyfennel dan fenugreek. Berdasarkan tinjauan saya dari literatur ilmiah, aku harus memilih fenugreek atas adas. Tapi itu tidak pernah berhenti membuat saya takjub betapa kebijaksanaan ada dalam kebijaksanaan rakyat.

Dibandingkan dengan susu formula, air susu ibu yang lebih baik bagi ikatan ibu-anak, ditambah lebih mudah bagi bayi untuk mencerna, tidak menyebabkan sembelit dan melindungi bayi dari alergi dan beberapa penyakit menular. Kontrasepsi ini juga memiliki manfaat bagi ibu, meskipun perempuan menyusui bisa hamil. Untuk semua alasan ini, dan setelah bertahun-tahun menggembar-gemborkan formula, sejak tahun 1980-an dokter telah beralih kembali untuk mempromosikan menyusui. (Kasus lainnya membalikkan kedokteran modern itu sendiri. Sains marches on!) Pada kenyataannya, jenis baru spesialis, konsultan laktasi, telah bermunculan untuk membantu ibu-ibu baru menyusui menghadapi masalah: terlalu sedikit susu, terlalu banyak susu, puting sakit dan menyakitkan puting infeksi (mastitis).

Farmasi hijau untuk Masalah Menyusui

Aku bukan konsultan laktasi, tapi mengizinkan saya untuk menyarankan beberapa rempah-rempah yang dapat membantu membuat menyusui pengalaman yang lebih berharga.

PH_GP_3leaves Fenugreek (Trigonella foenum-graecum). Fenugreek seed telah digunakan untuk meningkatkan produksi susu sejak zaman para nabi. Rempah mengandung phytoestrogen, pabrik bahan kimia yang mirip dengan hormon seks wanita estrogen. Senyawa kunci, diosgenin, telah ditunjukkan secara eksperimental untuk meningkatkan aliran susu.Saya akan siap bertaruh bahwa tingkat makanan yang dikonsumsi di beberapa masyarakat - bagian dari Timur Tengah, misalnya - dapat ditunjukkan untuk meningkatkan aliran susu.

Karena fenugreek adalah pilihan pertama herbal untuk meningkatkan produksi susu, juga merupakan bahan utama dalam Bustea saya, yang saya juga menyarankan untuk pembesaran payudara. Anda dapat menemukan resep di halaman 88.

1 FENIL

Fenugreek

Juga dikenal sebagai jerami Yunani, fenugreek telah lama digunakan untuk menyembuhkan sakit hewan serta manusia.

PH_GP_3leaves Bawang putih (Allium sativum). Untuk mengobati mastitis, dokter sering meresepkan antibiotik. Masalahnya adalah antibiotik yang masuk ke ASI, dan aku tidak begitu yakin itu ide yang baik untuk mengekspos bayi untuk obat-obatan ini.

Missouri naturopath Chris Deatheridge, ND, memiliki apa yang saya pikir pendekatan yang lebih baik. Dia menyarankan mencampur dropperful dari echinacea tingtur, tiga siung bawang putih mentah dan empat untuk enam ons jus wortel di blender dan minum campuran itu setiap dua jam. Dia meriwayatkan banyak cepat, penyembuhan permanen. Aku tidak surprised.Garlic adalah antibiotik yang potensial.

Selain itu, bawang putih perawat membantu bayi lebih baik. Jika ibu menyusui makan beberapa siung bawang putih dalam waktu satu jam sebelum mulai menyusui, bayi melekat ke payudara lebih mudah, tinggal di sana lagi, menghisap lebih banyak dan minum lebih banyak susu, menurut studi yang dilakukan di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia.

PH_GP_2leaves Anise (Pimpinella anisum). Anise sangat membantu dalam mempromosikan laktasi, menurut Jean Valnet, MD, seorang perintis aromaterapi dan pengarang The Practice of Aromatherapy. Dr Valnet juga merekomendasikan jintan, adas dan sereh. Dia sedikit lebih pasti daripada aku, tapi aku cenderung menerima rekomendasi, dan itulah sebabnya semua herbal ini dimasukkan ke dalam Bustea. Mereka juga meningkatkan rasa dari activefenugreek.

PH_GP_2leaves Chasteberry (Vitex agnus-castus). Berbakat generasi keempat tukang obat California Christopher Hobbs, seorang ahli botani yang saya hormati, menyarankan menggunakan Vitex lama setelah pengiriman untuk meningkatkan aliran susu. Rekomendasi ini berjalan agak luar biasa untuk penggunaan chasteberry payudara, PMS dan menstruasi keluhan, tapi saya tidak punya masalah menunjukkan perempuan dihormati ini ramuan untuk meningkatkan laktasi. Ini mungkin patut dicoba. (Dan itu hias berbunga tampan pohon, secantik ungu.)

PH_GP_2leaves Echinacea (Echinacea, berbagai spesies). Echinacea, juga dikenal sebagai coneflower, sangat berguna dalam mengobati mastitis dan puting celah, menurut ahli tanaman obat Maine Deb Soule, pendiri Avena Botanicals dan penulis The Roots of Healing. Aku tidak terkejut rekomendasi ini, karena keduanya echinacea adalah antibiotik dan sistem kekebalan booster.

Saya sarankan pencampuran sebuah dropperful dari echinacea tingtur di jus bersama dengan beberapa siung bawang putih; minum tiga atau empat kali sehari. (Meskipun echinacea dapat menyebabkan lidah untuk kesemutan atau pergi mati rasa untuk sementara, efek ini tidak berbahaya.)

PH_GP_2leaves Adas (Foeniculum vulgare). Adas, mana penelitian telah menunjukkan sifat-sifat lemah mirip dengan wanita yang lebih kuat hormon estrogen, telah digunakan selama berabad-abad untuk mempromosikan menyusui. Anda dapat mencoba dua sendok teh hancur biji per cangkir air mendidih dan minum sampai dengan tiga cangkir sehari.

Jangan gunakan minyak adas. Pada wanita hamil, minyak dapat menyebabkan keguguran.Dan dalam dosis yang lebih besar dari sekitar satu sendok teh, dapat menjadi racun.

PH_GP_2leaves Kacang Tanah (Arachis hypogaea). Di Cina, ketika wanita menghasilkan sedikit susu, kacang herbalists memberi mereka. Mungkin akan ada sesuatu untuk itu. Seperti begitu banyak kacang-kacangan lain, kacang estrogenic berisi beberapa senyawa yang bisa memacu produksi susu.

PH_GP_1leaf Alfalfa (Medicago sativa). Seperti fenugreek, alfalfa adalah estrogenic. Jika Anda ingin memproduksi lebih banyak susu, mungkin tidak dapat menyakiti untuk menambahkan segenggam penumpukan kecambah salad Anda. Jika Anda memiliki lupus atau riwayat keluarga lupus, bagaimanapun, itu ide yang baik untuk menghindari kecambah alfalfa. Ada beberapa bukti bahwa mereka dapat memicu lupus pada individu yang sensitif.
1 ALFA

Alfalfa

Alfalfa, makanan favorit untuk ternak, dapat membantu merangsang produksi susu.

PH_GP_1leaf Dandelion (Taraxacum officinale). Mendidih Cina sekitar satu ons akar dandelion cincang dalam dua sampai tiga cangkir air sampai hanya setengah cairan yang tersisa, kemudian gunakan kompres minuman yang dihasilkan untuk mengobati mastitis. Ini kedengarannya seperti perlakuan yang baik padaku. Jika putriku telah mastitis, aku menyarankan agar dia mencobanya.

PH_GP_1leaf Jasmine (Jasminum sambac). Untuk menekan aliran susu, usia orang India berusia pengobatan adalah untuk menerapkan bunga melati segar ke payudara. Dalam sebuah studi, para peneliti India cocok perlakuan ini terhadap dosis bromocriptine (parlodel), sebuah obat yang berakhir laktasi dengan menghambat sekresi hormon yang terlibat dalam produksi susu. Dalam studi tersebut, setengah dari sekelompok wanita mengambil bromocriptine, dan setengah hancur melati diterapkan payudara mereka. Keduanya sama-sama efektif perawatan laktasi inhibitor, meskipun bromocriptine menurunkan kadar hormon lebih dari bunga itu. Saya tidak melihat bagaimana hal ini bisa bekerja, tapi itulah penelitian menunjukkan.

PH_GP_1leaf pepaya (Petroselinum crispum). Makan cincang peterseli segar adalah perawatan untuk orang tua payudara. Masuk akal: Beberapa payudara disebabkan oleh retensi air, dan pepaya adalah diuretik, yang berarti bahwa itu membantu menyiram kelebihan air dari tubuh.

Rempah’s diuretik tindakan mungkin account untuk Dr Valnet rekomendasi untuk menggunakan pepaya untuk membantu mengurangi produksi susu dalam persiapan untuk menyapih. Dia juga merekomendasikan mint andsage untuk tujuan ini.

PH_GP_1leaf Sesame (Sesamum indicum). Cina biji wijen panggang, menggiling mereka dan kemudian makan mereka dengan sedikit garam untuk meningkatkan aliran susu. Saya suka biji wijen dan dapat memikirkan lagi makanan yang sehat. Sementara saya tidak tahu apakah ada penelitian yang menunjukkan bahwa ia bekerja, aku tidak bisa memikirkan alasan untuk tidak mencobanya.

Squaw PH_GP_1leaf anggur (Mitchella repens). Ramuan ini berguna dalam mengobati nyeri puting bahwa hasil dari menyusui, menurut ahli tanaman obat Paulus Bergner, editor Kedokteran Herbalism. Resep nya: Rebus dua wanita Indian ons anggur dalam setengah liter air, tambahkan satu pint heavy cream, lalu didihkan campuran turun sampai memiliki konsistensi salep. Biarkan dingin dan berlaku setelah tiap penyusuan.

===

Breastfeeding Problems

I was born in rural Alabama, and I spent my first few months breastfeeding from both my mother and a black wet nurse. Wet nurses in rural Alabama took herbs to promote lactation, particularlyfennel and fenugreek. Based on my review of the scientific literature, I’d have to vote for fenugreek over fennel. But it never ceases to amaze me how much wisdom there is in folk wisdom.

Compared with formula, mother’s milk is better for mother-child bonding, plus it is easier forbabies to digest, does not cause constipation and protects the infant from allergies and several infectious diseases. It also has contraceptive benefits for the mother, although nursing women can get pregnant. For all of these reasons, and after years of touting formula, since the 1980s doctors have switched back to promoting breastfeeding. (Another case of modern medicine reversing itself. Science marches on!) In fact, a new type of specialist, lactation consultant, has sprung up to help new mothers deal with breastfeeding problems: too little milk, too much milk, sore nipples and painful nipple infections (mastitis).

Green Pharmacy for Breastfeeding Problems

I’m no lactation consultant, but permit me to suggest a few herbs that can help make breastfeeding a more rewarding experience.

Fenugreek (Trigonella foenum-graecum). Fenugreek seed has been used to increase milk production since biblical times. The herb contains phytoestrogens, which are plant chemicals similar to the female sex hormone estrogen. A key compound, diosgenin, has been shown experimentally to increase milk flow. I would readily wager that dietary levels consumed in some societies–parts of the Middle East, for example–could be shown to increase milk flow.

Because fenugreek is my first-choice herb for promoting milk production, it is also the main ingredient in my Bustea, which I also recommend for breast enlargement. You can find the recipe on page 88.  Garlic (Allium sativum). To treat mastitis, doctors often prescribe antibiotics. The problem is that antibiotics get into breast milk, and I’m not so sure it’s a good idea to expose infants to these drugs.

Missouri naturopath Chris Deatheridge, N.D., has what I think is a better approach. He suggests mixing a dropperful of echinacea tincture, three cloves of raw garlic and four to six ounces of carrot juice in a blender and drinking the mixture every two hours. He reports many quick, permanent cures. I’m not surprised.Garlic is a potent antibiotic.

In addition, garlic helps babies nurse better. If breastfeeding mothers eat a few cloves of garlic within an hour before nursing begins, babies attach to the breast more readily, stay there longer, suck more and drink more milk, according to studies done at the Monell Chemical Senses Center in Philadelphia.

Anise (Pimpinella anisum). Anise is very helpful in promoting lactation, according to Jean Valnet, M.D., a pioneer of aromatherapy and author of The Practice of Aromatherapy. Dr. Valnet also recommends caraway, fennel and lemongrass. He’s a bit surer than I am, but I’m inclined to accept his recommendations, which is why all of these herbs are incorporated into my Bustea. They also improve the flavor of the activefenugreek.

Chasteberry (Vitex agnus-castus). Talented fourth-generation California herbalist Christopher Hobbs, a botanist whom I respect, suggests using Vitex shortly after delivery to promote milk flow. This recommendation goes a bit beyond the usual uses ofchasteberry for breast tenderness, PMS and menstrual complaints, but I have no problem suggesting this revered women’s herb to enhance lactation. It’s probably worth a try. (And it’s a handsome ornamental flowering tree, as lovely as lilac.)

Echinacea (Echinacea, various species). Echinacea, also known as coneflower, is useful in treating mastitis and nipple fissures, according to Maine herbalist Deb Soule, founder of Avena Botanicals and author of The Roots of Healing. I’m not surprised at this recommendation, because echinacea is both an antibiotic and an immune system booster.

I suggest blending a dropperful of echinacea tincture in juice along with a few cloves of garlic; drink it three or four times a day. (Although echinacea can cause the tongue to tingle or go numb temporarily, this effect is harmless.)

Fennel (Foeniculum vulgare). Fennel, which research shows has weak properties similar to those of the stronger female hormone estrogen, has been used for centuries to promote lactation. You can try two teaspoons of crushed seeds per cup of boiling water and drink up to three cups a day.

Don’t use fennel oil. In pregnant women, the oil can cause miscarriage. And in doses greater than about a teaspoon, it can be toxic.

Peanut (Arachis hypogaea). In China, when women produce little milk, herbalists give them peanuts. There just might be something to it. Like so many other legumes, peanuts contain several estrogenic compounds that might spur milk production.

Alfalfa (Medicago sativa). Like fenugreek, alfalfa is estrogenic. If you’d like to produce more milk, it probably can’t hurt to add heaping handfuls of sprouts to your salads. If you have lupus or a family history of lupus, however, it’s a good idea to steer clear of alfalfa sprouts. There’s some evidence that they may trigger lupus in sensitive individuals.  Dandelion (Taraxacum officinale). The Chinese boil about an ounce of minced dandelion root in two to three cups of water until only half the liquid remains, then use compresses of the resulting brew to treat mastitis. This sounds like a good treatment to me. If my daughter had mastitis, I’d suggest that she try it.

Jasmine (Jasminum sambac). To suppress milk flow, an age-old Indian folk treatment is to apply fresh jasmine flowers to the breasts. In one study, Indian researchers matched this treatment against doses of bromocriptine (Parlodel), a drug that terminates lactation by inhibiting secretion of a hormone involved in milk production. In the study, half of a group of women took bromocriptine, and half applied crushed jasmine to their breasts. Both treatments were equally effective lactation inhibitors, although bromocriptine lowered hormone levels more than the flowers did. I don’t see how this could work, but that’s what the study showed.

papaya (Petroselinum crispum). Eating chopped fresh parsley is an old folk treatment for breast tenderness. It makes sense: Some breast tenderness is caused by water retention, and papaya is diuretic, which means that it helps flush excess water from the body.

The herb’s diuretic action probably accounts for Dr. Valnet’s recommendation to use papaya to help reduce milk production in preparation for weaning. He also recommends mint andsage for this purpose.

Sesame (Sesamum indicum). The Chinese roast sesame seeds, grind them and then eat them with a small amount of salt to increase milk flow. I love sesame seeds and can think of no more wholesome food. While I don’t know of any research showing that it works, I can’t think of a good reason not to give it a try.

Squaw vine (Mitchella repens). This herb is useful in treating nipple soreness that results from nursing, according to herbalist Paul Bergner, editor of Medical Herbalism. His recipe: Boil two ounces of squaw vine in a pint of water, add a pint of heavy cream, then boil the mixture down until it has the consistency of a salve. Let cool and apply after each feeding.

FENUGREEK SEBAGAI SOLUSI IMPOTENSI

Apa nama lain yang Fenugreek dikenal oleh?

Alholva, Bird’s Foot, Bockshornklee, Bockshornsame, Chandrika, Mesir Fenugreek, Foenugraeci Semen, Foenugreek, Yunani Clover, Yunani Hay, Hay Yunani Benih, Hu Lu Ba, Medhika, Methi, Methika, Trigonella, Trigonella foenum-graecum, Trigonella foenugraecum, Woo lu Bar.

Apa Fenugreek?
Fenugreek adalah tanaman. Benih yang digunakan untuk membuat obat.

Bukti tidak memadai untuk Tingkat Efektivitas untuk …

* Diabetes, kolesterol tinggi, trigliserid tinggi, sakit perut, penurunan nafsu makan, sembelit, pengerasan arteri (aterosklerosis), encok, masalah seksual (impotensi), demam, kebotakan, dan kondisi lain.
Bagaimana cara kerja Fenugreek?
Fenugreek muncul untuk memperlambat penyerapan gula di dalam perut dan merangsang insulin. Kedua efek ini menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Apakah ada masalah keselamatan?
Fenugreek mungkin aman bagi kebanyakan orang ketika diminum untuk tujuan pengobatan.Efek samping termasuk diare, sakit perut, kembung, gas, dan “sirup maple” bau pada urin.Fenugreek dapat menyebabkan hidung tersumbat, batuk, mengi, wajah bengkak, dan reaksi alergi parah di hipersensitif orang. Fenugreek mungkin menurunkan gula darah. Penderita diabetes harus memperhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan periksa gula darah mereka dengan hati-hati.

Fenugreek mungkin tidak aman untuk anak-anak. Beberapa laporan telah menghubungkan teh fenugreek kehilangan kesadaran pada anak-anak.

Jangan gunakan fenugreek jika:

* Anda sedang hamil atau menyusui.
* Anda alergi terhadap buncis, kacang tanah, kedelai, atau kacang hijau.
Obat untuk diabetes (Antidiabetes obat-obatan)
Interaksi Rating: Moderate Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.
Berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Fenugreek mungkin menurunkan gula darah. Obat diabetes juga digunakan untuk menurunkan gula darah. Mengambil fenugreek bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda untuk pergi terlalu rendah. Monitor gula darah Anda dengan cermat. Dosis obat diabetes mungkin perlu diubah.

Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes meliputi glimepiride (amaryl), glyburide (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone (avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lain-lain .

Obat yang memperlambat pembekuan darah (antikoagulan / antiplatelet obat-obatan)
Interaksi Rating: Moderate Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.
Berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Fenugreek mungkin memperlambat pembekuan darah. Mengambil fenugreek bersama dengan obat yang juga memperlambat pembekuan mungkin meningkatkan peluang memar dan berdarah.

Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam, others), ibuprofen (Advil, Motrin, others), naproxen (Anaprox, naprosyn, others), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox) , heparin, warfarin (Coumadin), dan lain-lain

Warfarin (Coumadin)
Interaksi Rating: Moderate Berhati-hatilah dengan kombinasi ini.
Berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Warfarin (Coumadin) digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Fenugreek mungkin juga memperlambat pembekuan darah. Mengambil fenugreek bersama warfarin (Coumadin) mungkin akan meningkatkan peluang memar dan berdarah. Pastikan untuk memiliki darah anda diperiksa secara teratur. Anda dosis warfarin (Coumadin) mungkin perlu diubah.
Dosing pertimbangan untuk Fenugreek
Dosis yang tepat fenugreek tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Pada saat ini tidak ada cukup informasi ilmiah untuk menentukan rentang dosis yang tepat untuk fenugreek. Perlu diketahui bahwa produk-produk alami tidak selalu harus aman dan dosis dapat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

===

What other names is Fenugreek known by?

Alholva, Bird’s Foot, Bockshornklee, Bockshornsame, Chandrika, Egypt Fenugreek, Foenugraeci Semen, Foenugreek, Greek Clover, Greek Hay, Greek Hay Seed, Hu Lu Ba, Medhika, Methi, Methika, Trigonella, Trigonella foenum-graecum, Trigonella foenugraecum, Woo Lu Bar.

What is Fenugreek?

Fenugreek is a plant. The seed is used to make medicine.

Insufficient Evidence to Rate Effectiveness for…

* Diabetes, high cholesterol, high triglycerides, stomach upset, decreased appetite, constipation, hardening of the arteries (atherosclerosis), gout, sexual problems (impotence), fever, baldness, and other conditions.

How does Fenugreek work?

Fenugreek appears to slow absorption of sugars in the stomach and stimulate insulin. Both of these effects lower blood sugar in people with diabetes.

Are there safety concerns?

Fenugreek might be safe for most people when taken by mouth for medicinal purposes. Side effects include diarrhea, stomach upset, bloating, gas, and a “maple syrup” odor in urine. Fenugreek can cause nasal congestion, coughing, wheezing, facial swelling, and severe allergic reactions in hypersensitive people. Fenugreek might lower blood sugar. People with diabetes should watch for signs of low blood sugar (hypoglycemia) and check their blood sugars carefully.

Fenugreek might be unsafe for children. Some reports have linked fenugreek tea to loss of consciousness in children.

Do not use fenugreek if:

* You are pregnant or breast-feeding.

* You are allergic to chickpeas, peanuts, soybeans, or green peas.

Medications for diabetes (Antidiabetes drugs)

Interaction Rating: Moderate Be cautious with this combination.

Talk with your health provider.

Fenugreek might lower blood sugar. Diabetes medications are also used to lower blood sugar. Taking fenugreek along with diabetes medications might cause your blood sugar to go too low. Monitor your blood sugar closely. The dose of your diabetes medication might need to be changed.

Some medications used for diabetes include glimepiride (Amaryl), glyburide (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone (Avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), and others.

Medications that slow blood clotting (Anticoagulant / Antiplatelet drugs)

Interaction Rating: Moderate Be cautious with this combination.

Talk with your health provider.

Fenugreek might slow blood clotting. Taking fenugreek along with medications that also slow clotting might increase the chances of bruising and bleeding.

Some medications that slow blood clotting include aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam, others), ibuprofen (Advil, Motrin, others), naproxen (Anaprox, Naprosyn, others), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin), and others

Warfarin (Coumadin)

Interaction Rating: Moderate Be cautious with this combination.

Talk with your health provider.

Warfarin (Coumadin) is used to slow blood clotting. Fenugreek might also slow blood clotting. Taking fenugreek along with warfarin (Coumadin) might increase the chances of bruising and bleeding. Be sure to have your blood checked regularly. The dose of your warfarin (Coumadin) might need to be changed.

Dosing considerations for Fenugreek

The appropriate dose of fenugreek depends on several factors such as the user’s age, health, and several other conditions. At this time there is not enough scientific information to determine an appropriate range of doses for fenugreek. Keep in mind that natural products are not always necessarily safe and dosages can be important. Be sure to follow relevant directions on product labels and consult your pharmacist or physician or other healthcare professional before using.

 

FENUGREEK SEBAGAI ANTIDIABETES

Ditulis Oleh Laura Shane-McWhorter, PharmD, BCPS, FASCP, BC-ADM, CDE

Di terjemahkan Oleh Google dan disebarkan oleh Bin Muhsin Group

Sumber : www.diabeteshealth.com

Anda Konsultasikan dengan tim perawatan diabetes sebelum memulai suplemen gizi. kadar glukosa darah harus diperiksa lebih sering untuk menentukan efektivitas suplemen atau jika perubahan pengobatan diperlukan. 

Fenugreek kelabet (Trigonella foenum-graecum) merupakan produk tanaman yang telah digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan dan lainnya, dan dapat digunakan dalam pengobatan diabetes.


Fenugreek adalah anggota Leguminosae atau Fabaceae, keluarga dan tumbuh dengan baik di India, Mesir dan bagian lain di Timur Tengah.
bagian yang digunakan adalah bibit medicinally. 

Fenugreek biji mengandung alkaloid, termasuk trigonelina, gentianine dan senyawa carpaine.Bibit juga mengandung serat, 4-hydroxyisoleucine dan fenugreekine, komponen yang mungkin memiliki aktivitas hipoglikemik. Mekanisme ini diperkirakan untuk menunda pengosongan lambung, penyerapan karbohidrat lambat dan menghambat transpor glukosa. 

Fenugreek juga dapat meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah dan meningkatkan penggunaan glukosa pada jaringan perifer, sehingga menunjukkan potensi dampak anti-diabetes baik di pankreas dan situs lainnya. Asam amino 4 - hydroxyisoleucine, yang terdapat dalam biji, juga dapat langsung merangsang sekresi insulin. 

Hanya ada beberapa penelitian yang diterbitkan pada fenugreek.
Dalam satu studi, diterbitkan dalam edisi 1990 dari European Journal of Clinical Nutrition, 10 pasien pada terapi insulin untuk diabetes tipe 1 ditugaskan untuk baik plasebo atau 50 gram bubuk biji fenugreek-lemaknya dua kali sehari selain terapi insulin mereka. 

Puasa glukosa menurun dari rata-rata 272 mg / dl pada awal tahun 196 mg / dl. Ada juga penurunan kolesterol total, LDL (”buruk”) kolesterol dan trigliserida. 

Sebuah studi yang lebih besar, yang diterbitkan dalam edisi 1996 Gizi Penelitian, terlibat percobaan enam bulan kelabet dalam 60 pasien dengan tipe yang tidak cukup terkontrol 2 diabetes. Dua puluh lima gram bubuk biji fenugreek diberikan dua kali sehari saat makan siang dan makan malam di samping terapi diabetes saat ini. 

Glukosa puasa rata-rata mengalami penurunan dari 151 mg / dl menjadi 112 mg / dl setelah 6 bulan. Glukosa nilai-nilai satu dan dua jam setelah makan juga menurun. A1C rata-rata menurun dari 9,6% menjadi 8,4% setelah delapan minggu. 

Q: Saya seorang pria 62 tahun dengan diabetes tipe 2 dan kondisi kardiovaskular lainnya. Aku mengambil beberapa obat, termasuk metformin untuk diabetes, obat tekanan darah (Zestril) dan darah tipis (Coumadin). 

Aku telah memperhatikan bahwa sejak saya mulai mengambil fenugreek glukosa darah saya telah membaik setelah makan, tapi saya sudah mengalami memar di lengan saya, dan saya berdarah lebih ketika saya memotong sendiri cukur. 

Apa yang harus saya lakukan? 

J: Ada kemungkinan bahwa anda mengalami interaksi obat antara Coumadin dan fenugreek tersebut. Fenugreek tipis mungkin darah, penting untuk memberitahu heathcare profesional Anda bahwa Anda mengambilnya. Dia bisa memeriksa Anda untuk darah penjarangan dengan tes laboratorium disebut INR (rasio normalisasi internasional). profesional kesehatan Anda mungkin menyarankan Anda untuk berhenti minum fenugreek atau dapat mempertimbangkan menyesuaikan dosis Coumadin karena Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan dari suplemen. 

Efek Samping 

Efek samping dari fenugreek termasuk gas atau diare dan perut kembung, yang biasanya mereda setelah beberapa hari penggunaan. 

Wanita usia subur harus mengingatkan bahwa fenugreek dapat menyebabkan kontraksi rahim sehingga menyebabkan masalah dengan kehamilan. Wanita hamil tidak boleh mengambil fenugreek karena alasan ini. Juga, reaksi alergi telah dilaporkan, termasuk hidung meler, mengi dan pembengkakan wajah.

===

Consult your diabetes care team before starting any nutritional supplement. Blood glucose levels should be checked more often to determine the effectiveness of the supplement or if a medication change is needed.

Fenugreek (Trigonella foenum-graecum) is a plant product that has been used for a variety of medicinal and other purposes, and may be used in the treatment of diabetes.

Fenugreek is a member of the Leguminosae, or Fabaceae, family and grows well in India, Egypt and other parts of the Middle East. The part used medicinally is the seeds.

Fenugreek seeds contain alkaloids, including trigonelline, gentianine and carpaine compounds. The seeds also contain fiber, 4-hydroxyisoleucine and fenugreekine, a component that may have hypoglycemic activity. The mechanism is thought to delay gastric emptying, slow carbohydrate absorption and inhibit glucose transport.

Fenugreek may also increase the number of insulin receptors in red blood cells and improve glucose utilization in peripheral tissues, thus demonstrating potential anti-diabetes effects both in the pancreas and other sites. The amino acid 4- hydroxyisoleucine, contained in the seeds, may also directly stimulate insulin secretion.

There are only a few published studies on fenugreek. In one study, published in a 1990 issue of the European Journal of Clinical Nutrition,10 patients on insulin therapy for type 1 diabetes were assigned to either placebo or 50 grams of defatted fenugreek-seed powder twice daily in addition to their insulin therapy.

Fasting glucose decreased from an average of 272 mg/dl at baseline to 196 mg/dl. There was also a decrease in total cholesterol, LDL (“bad”) cholesterol and triglycerides.

A larger study, published in a 1996 issue of Nutrition Research, involved a six-month trial of fenugreek in 60 patients with inadequately controlledtype 2 diabetes. Twenty-five grams of powdered fenugreek seed was given twice daily at lunch and dinner in addition to the current diabetes therapy.

The average fasting glucose decreased from 151 mg/dl to 112 mg/dl after 6 months. Glucose values one and two hours after meals also declined. Average A1C decreased from 9.6% to 8.4% after eight weeks.


Q: I am a 62-year-old man with type 2 diabetes and other cardiovascular conditions. I take several medications, including metformin for diabetes, a blood pressure medicine (Zestril) and a blood thinner (Coumadin).

I have noticed that since I started taking fenugreek my blood glucose has improved after meals, but I have been experiencing bruising on my arms, and I bleed more when I cut myself shaving.

What should I do?

A: It is possible that you are experiencing a drug interaction between the Coumadin and the fenugreek. Fenugreek may thin the blood; it is important to tell your heathcare professional that you are taking it. He or she may check you for blood thinning with a laboratory test called an INR (international normalized ratio). Your healthcare professional may advise you to stop taking the fenugreek or may consider adjusting the dose of the Coumadin since you are obtaining some benefit from thesupplement.


Side Effects

Side effects of fenugreek include diarrhea and gas or flatulence, which usually subside after a few days of use.

Women of childbearing age should be cautioned that fenugreek may cause uterine contractions and thus cause problems withpregnancy.Pregnant women should not take fenugreek for this reason. Also, allergic reactions have been reported, including runny nose, wheezing and facial swelling.

UNTUK PEMESANAN HUBUNGI BIN MUHSINHP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797

FENUGREEK PENAMBAH ASI

HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797

Jika Anda, Äôre ibu menyusui yang khawatir tentang suplai susu Anda kemudian membiarkan saya meyakinkan Anda bahwa Anda pasti tidak sendirian. Jutaan perempuan menyusui dari seluruh dunia memiliki kepedulian yang sama dan kami memuji Anda untuk mencari bantuan untuk masalah produksi susu Anda. Seperti yang Anda tahu, menyusui dapat menjadi benar-benar indah, alami, indah dan emosional pengalaman berharga bagi Anda dan si kecil juga.Selain itu, menyusui juga dapat membuat frustrasi dan proses menakutkan jika Anda prihatin tentang susu menurunnya pasokan dan don, AOT tahu ke mana harus berpaling untuk menyusui dukungan. Don, AOT khawatir kami dapat membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan susu itu mengalir!

Pada breastfeedingfenugreek.com, kami menyediakan pengunjung kami dengan up-to-date dan informasi menyusui berharga yang dapat mereka gunakan sekarang untuk meningkatkan suplai susu mereka. Situs ini dibuat oleh ibu-ibu untuk ibu. Ibu yang mengerti perasaan Anda, frustrasi, dan keprihatinan dan berdedikasi untuk membantu Anda meningkatkan suplai susu Anda. Sebagai ibu menyusui diri sendiri, kita don, AOT ingin Anda khawatir tentang bayi Anda, AOS kesehatan atau kekhawatiran suplai susu Anda menit lagi. Sebaliknya, kami ingin anda untuk menikmati proses menyusui tanpa khawatir tentang masalah pasokan menyusui.
Jadi, luangkan waktu sekarang dan meninjau breastfeedingfenugreek.com. Baca artikel informatif, eBook, rekomendasi produk, pelajari tips dan teknik berharga untuk meningkatkan suplai susu Anda hari ini. Pelajari cara untuk mengevaluasi bayi, menyusui AOS asupan untuk memastikan kesehatan yang optimal, bagaimana memanfaatkan suplemen seperti Fenugreek holistik dan Susu Thistle, serta obat lain Galactogogues dan perawatan untuk keuntungan Anda. Pelajari cara percaya pada diri sendiri, tubuh, menghasilkan susu AOS kemampuan dan melakukan apa yang diperlukan untuk mendapatkan ASI yang bergizi yang mengalir dengan bebas untuk bayi Anda!

Silakan kunjungi breastfeedingfenugreek.com penanda dan sering kali karena kita sering memperbarui konten kami untuk menyertakan informasi tambahan untuk pembaca kita.

===

If you’re a breastfeeding mom who is concerned about your milk supply then let me reassure you that you are definitely not alone. Millions of breastfeeding women from around the globe have similar concerns and we commend you for seeking help for your milk production concerns. As you know, breastfeeding can be a truly wonderful, natural, beautiful and emotionally rewarding experience for you and your little one too. In addition, breastfeeding can also be a frustrating and scary process if you are concerned about your decreasing milk supply and don’t know where to turn for breastfeeding support. Don’t worry we can help you get and keep that milk flowing!

At breastfeedingfenugreek.com, we provide our visitors with up-to-date and valuable breastfeeding information that they can use right now to increase their milk supply. This site was created by mothers for mothers. Mothers who understand your feelings, frustrations, and concerns and are dedicated to helping you increase your milk supply. As breastfeeding mothers ourselves, we don’t want you to worry about your baby’s health or your milk supply concerns another minute. Instead, we want you to enjoy the breastfeeding process without worrying about breastfeeding supply issues.

So, take some time right now and review breastfeedingfenugreek.com. Read our informative articles, eBooks, product recommendations, learn valuable tips and techniques to increase your milk supply today. Learn how to evaluate your baby’s breastfeeding intake to ensure optimal health, how to utilize holistic supplements like Fenugreek and Milk Thistle, as well as other Galactogogues and medicinal treatments to your benefit. Learn how to trust in yourself, your body’s milk producing abilities and do what it takes to get that nutritious breast milk flowing freely for your baby!

Please bookmark and visit breastfeedingfenugreek.com often because we frequently update our content to include additional information for our readers.

FENUGREEK HERBAL ASI DAN DIABETES

HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797

Fenugreek adalah jamu pahit yang digunakan untuk meningkatkan aliran susu, merangsang rahim, menenangkan jengkel jaringan, menurunkan demam, mengurangi gula darah, memperbaiki pencernaan, mempercepat penyembuhan, dan sebagai pencahar, ekspektoran, diuretik, anti parasit dan anti - tumor agen.

Fenugreek kecambah juga digunakan untuk mempromosikan pertumbuhan rambut, terutama pada pria.

Benih kaya lendir (glactomannans), lipid, protein, dan protease inhibitor. Berbagai steroid saponin yang hadir (aglycone),
furostanol glikosida, sejumlah kecil peptida alkaloid dan steroid.

FENUGREEK FOR DIABETES

Biji fenugreek mengandung alkaloid, The biji juga mengandung serat, dan fenugreekine, sebuah komponen yang mungkin memiliki aktivitas hipoglikemik.

Fenugreek juga dapat meningkatkan jumlah ofinsulin reseptor dalam sel darah merah dan meningkatkan pemanfaatan glukosa inperipheral jaringan, sehingga menunjukkan potensi dampak anti-diabetes, baik dalam
pankreas dan situs lainnya. Asam amino 4 - hydroxyisoleucine, inthe berisi biji, dapat juga secara langsung merangsang sekresi insulin.

Dalam satu penelitian, yang diterbitkan dalam edisi tahun 1990 dari European Journal of Clinical Nutrition, 10 pasien pada terapi insulin untuk diabetes tipe 1 ditugaskan untuk placebo atau 50 gram yg dihilangkan lemak biji fenugreek bubuk dua kali sehari selain terapi insulin mereka.

Puasa glukosa menurun dari rata-rata 272 mg / dl pada awal menjadi 196 mg / dl. Ada juga penurunan total kolesterol, LDL ( “buruk”) kolesterol dan trigliserida.

Sebuah studi yang lebih besar, yang diterbitkan dalam edisi tahun 1996 Nutrisi Research, melibatkan enam bulan persidangan Fenugreek dalam 60 pasien yang tidak cukup dikendalikan dengan diabetes tipe 2. Dua puluh lima gram bubuk biji Fenugreek diberikan dua kali sehari saat makan siang dan makan malam di samping terapi diabetes saat ini.

Rata-rata penurunan glukosa puasa from151 mg / dl ke 112 mg / dl setelah 6 bulan. Glukosa nilai satu dan dua jam setelah makan juga menurun. A1C rata-rata menurun dari 9,6% menjadi 8,4% setelah delapan minggu.

Produksi Susu Naik Fenugreek

Biji fenugreek mengandung prekursor hormon yang meningkatkan suplai susu. Ilmuwan tidak tahu pasti bagaimana hal ini terjadi. Beberapa percaya mungkin becausebreasts kelenjar keringat yang dimodifikasi, dan fenugreek merangsang produksi keringat. Telah ditemukan bahwa fenugreek dapat meningkatkan air susu ibu menyusui pasokan dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah pertama kali mengambil rempah. Sekali tingkat yang memadai produksi susu tercapai, sebagian besar wanita dapat menghentikan fenugreek dan menjaga pasokan susu dengan payudara yang memadai
stimulasi.

Fenugreek MEMBANTU ABSCESSED GIGI

“Fenugreek direndam ke dalam teh / abscessed sembuh obat kumur gigi. Aku mencuci mulutku dan kemudian direndam sebuah perban pad dan ditempatkan di dalam mulut saya selama satu jam pada satu waktu dan itu menarik infeksi keluar dari sistem. Kadang-kadang aku harus membuka lubang kecil di gusi sehingga akan mengalir. Aku memiliki 10 abscessed gigi pada satu waktu dan melakukan hal ini selama berbulan-bulan. Ini banyak membantu saya karena saya tidak punya cakupan medis untuk pergi ke dokter gigi sendiri. Saya masih sampai hari ini merekomendasikan hal ini kepada siapa pun dengan masalah yang sama. “Kesaksian dari Jeanne Rouyn - Noranda, Quebec, CANADA

Ada banyak kegunaan lain Fenugreek, sebenarnya itu adalah salah satu ramuan paling manjur untuk digunakan dan itu sangat dianjurkan.

“Dia causeth menumbuhkan rumput untuk ternak, dan herbal untuk melayani manusia: bahwa ia mungkin mendatangkan makanan dari bumi” Mazmur 104:14

Keith M Henry adalah Direktur fase 3ministries, berbasis di Orlando FL. Dia adalah misionaris medis obat, dan dokter naturopati. Download gratis salinan dari laporan, Jamu Darurat, HERE.Mungkin sangat baik menyelamatkan hidup Anda.


Pernyataan-pernyataan ini belum disetujui oleh Federal Drug Administration dan arenot dimaksudkan untuk mendiagnosa, mencegah, mengobati atau menyembuhkan penyakit.Acompetent selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika Anda mengalami masalah.

===

Fenugreek is a bitter herb that is used to increase milk-flow, stimulate the uterus, soothe irritated tissues, lower fever, reduce blood sugar,improve digestion, promote healing, and as a laxative, expectorant,diuretic, anti-parasitic and anti-tumor agent.

Fenugreek sprouts are also used to promote hair growth, especially in men.

The seeds are rich in mucilage (glactomannans), lipids, protein, and protease inhibitors. Various steroid saponins are present (aglycone),
furostanol glycosides, small amounts of alkaloid and steroidal peptide.

FENUGREEKFOR DIABETES

Fenugreek seeds contain alkaloids, The seeds also contain fiber, and fenugreekine, a component that may have hypoglycemic activity.

Fenugreek may also increase the number ofinsulin receptors in red blood cells and improve glucose utilization inperipheral tissues, thus demonstrating potential anti-diabetes effects both in
the pancreas and other sites. The amino acid 4- hydroxyisoleucine, contained inthe seeds, may also directly stimulate insulin secretion.

In one study, published in a 1990 issue of the European Journal of Clinical Nutrition,10 patients on insulin therapy for type 1 diabetes were assigned to either placebo or 50 grams of defatted fenugreek-seed powder twice daily in addition to their insulin therapy.

Fasting glucose decreased from an average of 272 mg/dl at baseline to 196 mg/dl. There was also a decrease in total cholesterol, LDL (“bad”) cholesterol and triglycerides.

A larger study, published in a 1996 issue of Nutrition Research, involved a six-month trial of Fenugreek in 60 patients with inadequately controlled type 2 diabetes. Twenty-five grams of powdered Fenugreek seed was given twice daily at lunch and dinner in addition to the current diabetes therapy.

The average fasting glucose decreased from151 mg/dl to 112 mg/dl after 6 months. Glucose values one and two hours after meals also declined. Average A1C decreased from 9.6% to 8.4% after eight weeks.

Fenugreek Increases Milk Production

Fenugreek seeds contain hormone precursors that increase milk supply. Scientists do not know for sure how this happens. Some believe it is possible becausebreasts are modified sweat glands, and fenugreek stimulates sweat production. It has been found that fenugreek can increase a nursing mother’s milk supply within 24 to 72 hours after first taking the herb. Once an adequate level of milk production is reached, most women can discontinue the fenugreek and maintain the milk supply with adequate breast
stimulation.

FENUGREEK HELPS ABSCESSED TEETH

“Fenugreek steeped into a tea / mouthwash cured abscessed teeth. I rinsed my mouth and then soaked a gauze pad and placed in in my mouth for an hour at a time and it drew the infection out of my system. Sometimes I had to open a little hole in my gums so it would drain. I had 10 abscessed teeth at one time and did this for many months. It helped me alot as I didn’t have any medical coverage to go to a dentist myself. I still to this day recommend this to anyone with the same problem.” Testimony from Jeanne Rouyn – Noranda, Quebec, CANADA

There are many other uses for Fenugreek, in fact it is one of the most efficacious herbs to use and it is highly recommended.

“He causeth the grass to grow for the cattle, and herb for the service of man: that he may bring forth food out of the earth” Psalms 104:14

Keith M Henry is the Director of phase 3ministries, based in Orlando FL. He is medical missionary herbalist, and Naturopathic doctor. Download your free copy of his report,Emergency Herbal Medicine, HERE. It may very well save your life.

These statements have not been approved by the Federal Drug Administration and arenot intended to diagnose, prevent, treat or cure any disease. Always consult acompetent health professional if you are having problems.

77 KHASIAT MADU

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa minum madu setiap bulan dengan niat melakukan nasihat Al-Qur`an, maka Allah SWT akan menyembuhkannya dari tujuh puluh tujuh penyakit.” (Dikutip dari buku Pengobatan Herbal Ala Nabi tulisan Achmad Rusdi Al-Idrus - Riwayat ke-79)

PUSAT INFORMASI DAN PENJUALAN MADU PREMIUM www.pesantrenblogger.net atau hubungi hp: 085227044550

KUMPULAN TESTIMONI MADU

77 KHASIAT MADU

  1. Antioksidan
  2. Antimikroba ( Antibakteri, Antijamur, Antivirus, Antibiotik, Antiseptik, Antiinfeksi )
  3. Antiinflamasi (Antiperadangan)
  4. Antiaging ( Anti penuaan dini / awet muda )
  5. Antifatigue (Menambah energi / Memberi tenaga / Mengatasi kelelahan)
  6. Antidiabetes
  7. Antikanker
  8. Antialergi
  9. Disfungsi Seksual
  10. Menurunkan Berat Badan (Solusi Obesitas, Perut Buncit, Timbunan Lemak)
  11. Hati / Liver
  12. Melindungi Sistem Pernapasan
  13. Asma
  14. Sinusitis
  15. TBC
  16. Infeksi Hidung
  17. Infeksi Tenggorokan
  18. Paru-Paru
  19. Melindungi Darah dan Sistem Peredarah Darah
  20. Mengobati penyakit jantung
  21. Antihipertensi
  22. Madu berkhasiat sebagai antiulcer/ ulkus/ borok
  23. Ginjal
  24. Stroke
  25. Kolesterol
  26. Asam Urat / Gout
  27. Mengobati penyakit arthritis ( radang sendi / encok)
  28. Penyakit Diare
  29. HIV / AIDS
  30. Insomnia
  31. Arthritis
  32. Osteoporosis
  33. Mengobati penyakit mata
  34. Glaukoma (glaukoma kronis, glaukoma akut)
  35. Katarak
  36. Retinoblastoma
  37. Retinopati Diabetik
  38. Retinopati Hipertensif
  39. Infeksi kelopak mata
  40. Infeksi kornea mata
  41. Luka Pada Mata
  42. Iritasi mata menahun
  43. Infeksi kornea umum
  44. Infeksi mata menahun
  45. Meredakan peradangan mata
  46. Menormalkan mata plus, minus, slilinder
  47. Membersihkan selaput mata
  48. Menormalkan penglihatan
  49. Menambah kesehatan mata
  50. Menambah Kecerdasan dan Nutrisi Otak
  51. Mengobati Insomnia (Susah Tidur)
  52. Mengobati Gangguan Saluran Kencing ( Ngompol )
  53. Madu kanker
  54. Antitumor, bahkan ada yang mengatakan setara obat kemoterapi
  55. Sifat karsinogen sebagai anti-tumor
  56. Mencegah pecahnya sel kanker
  57. Kandungan zink yang sangat membantu dalam proses penyembuhan kanker
  58. Kandungan antioksidan yang ada dalam madu
  59. Kanker colorectal
  60. Kanker darah
  61. Kanker ginjal
  62. Kanker hati
  63. Kanker kandung kemih
  64. Kanker kulit
  65. Kanker otak
  66. Kanker ovarium
  67. Kanker pankreas
  68. Kanker paru
  69. Kanker payudara
  70. Kanker perut
  71. Kanker prostat
  72. Kanker rahim
  73. Kanker serviks
  74. Kanker testis
  75. Kanker Mulut
  76. Madu anak
  77. Menambah nafsu makan anak
  78. Membantu perkembangan otak anak
  79. Mengatasi anak sulit tidur pada anak
  80. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak
  81. Melindungi tubuh dari pewarna buatan
  82. Melindungi pencernaan anak
  83. Sebagai obat radang lambung pada anak
  84. Sebagai obat anemia pada anak
  85. Sebagai obat penenang dan anestesi pada anak
  86. Sebagai obat disinfektan pada anak
  87. Sebagai obat penenang ( sedatif ) pada anak
  88. Sebagai obat batuk pada anak
  89. Sebagai obat pilek pada anak
  90. Sebagai obat demam pada anak
  91. Sebagai obat pencegah kelumpuhan ( paraplegia ) pada anak
  92. Madu batuk
  93. Influenza
  94. Pilek
  95. Bronkiolitis
  96. Bronkhitis Akut
  97. Pneumonia ( Radang Paru-Paru)
  98. Bronkiektasis
  99. Menjaga kesehatan sistem pernafasan manusia seperti rongga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, paru-paru dan lainnya
  100. Mengobati penyakit pada sistem pernafasan manusia seperti penyempitan saluran pernafasan akibat asma dan bronkitis, sinusitis, renitis, pembengkakan kelenjar limfe, pleuritis, bronkitis, pnemonia, TBC, masuknya air ke alveolus dan lainnya
  101. Mengobati semua jenis batuk, mulai dari batuk kronis hingga batuk akut, mulai dari batuk berdahak hingga batuk tidak berdahak
  102. Madu Pencernaan
  103. Penyakit mulut dan gigi
  104. Penyakit gigi berlubang
  105. Penyakit infeksi lambung dan usus
  106. Penyakit lambung dan usus
  107. Maag
  108. Penyaki Diare
  109. Sakit Perut
  110. Perut Kembung
  111. Sariawan
  112. Sakit Gigi
  113. Bau Mulut
  114. Infeksi Mulut
  115. Madu laki-laki
  116. Mengatasi kanker prostat
  117. Mengatasi Impotensi
  118. Mengatasi infeksi kandung kemih
  119. Madu Penyakit Jantung
  120. Seluruh kasus-kasus gangguan jantung koroner ringan, dan pemberiannya (madu) berbarengan dengan pemberian obat digitalis atau atorvastatin pada kasus-kasus yang parah.
  121. Radang-radang otot jantung disertai perubahan ritme atau berlanjut kepada diphtheria, sebagaimana madu dapat diberikan sebagai obat pembantu ketika hetrozida yang menguatkan jantung.
  122. Sesuai operasi-operasi bedah sebagai pemacu jantung.
  123. Sesak jantung bagi wanita hamil
  124. Serangan jantung
  125. Menstabilkan detak jantung
  126. Memperkuat otot jantung
  127. Jantung berdebar dan gemetaran
  128. Infeksi otot jantung
  129. Madu Perempuan
  130. Menambah kesehatan dan kecantikan perempuan
  131. Memperlancar haid atau datang bulan
  132. Mengurangi sakit saat haid atau datang bulan
  133. Mencegah penuaan dini
  134. Menambah stamina perempuan
  135. Menghilangkan gatal-gatal dan rasa nyeri vagina, pangkal rahim dan organ kelamin bagian luar lainnya
  136. Membersihkan dan sebagai gurah vagina
  137. Meningkatkan Gairah Seksual atau libido
  138. Meningkatkan Kesuburan dan Mengatasi Kemandulan dengan Madu
  139. Menambah nutrisi ibu hamil
  140. Mengatasi keluhan-keluhan ibu hamil
  141. Membantu mempermudah persalinan
  142. Memperbanyak keluarnya ASI dan memperbanyak  jumlah antibodi dalam ASI sehingga kekebalan banyi terhadap penyakit akan bertambah
  143. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
  144. Mengobati luka gores
  145. Mengobati luka bakar
  146. Mengobati infeksi kulit
  147. Mengobati luka diabetes
  148. Mengobati luka pascabedah
  149. Mengobati luka bernanah / gangraena
  150. Mengobati luka pascapersalinan
  151. Luka tumor ganas
  152. Raw surface
  153. Mengobati bedsore
  154. Bisul
  155. Kutil
  156. Jerawat
  157. Kusta dan Panu
  158. Keindahan kulit
  159. Kecantikan wajah
  160. Keindahan rambut
  161. Kebugaran tubuh

KHASIAT MINYAK ZAITUN BAGI PENGOBATAN

A. OBAT DAN PENYAKIT PADA LALAT

Nabi Bersabda, “Apabila seekor lalat masuk ke dalam minuman salah seorang kalian, maka celupkanlah ia, kemudian angkat dan buanglah lalatnya sebab pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya ada obatnya (HR. Bukhari, Ibn Majah, dan Ahmad)

Dalam riwayat lain: “Sungguh pada salah satu sayap lalat ada racun dan pada sayap lainnya obat, maka apabila ia mengenai makananmu maka perhatikanlah lalat itu ketika hinggap di makananmu, sebab ia mendahulukan racunnya dan mengakhirkan obatnya” (HR. Ahmad, Ibn Majah)

Diantara mu’jizat kenabian Rasulullah dari aspek kedokteran yang harus ditulis dengan tinta emas oleh sejarah kedokteran adalah alat pembuat sakit dan alat pembuat obat pada kedua sayap lalat sudah beliau ungapkan 14 abad sebelum dunia kedokteran berbicara. Dan penyebutan lalat pada hadits itu adalah bahwa air tetap suci dan bersih jika dihinggapi lalat yang membawa bakteri penyebab sakit kemudian kita celupkan lalat tersebut agar sayap pembawa obat (penawarnya) pun tercelup ke air.

Dan percobaan ilmiah kontemporer pun sudah dilakukan untuk mengungkapkan rahasia di balik hadits ini. Bahwasanya ada kekhususan pada salah salah satu sayapnya yang sekaligus menjadi penawar atau obat terhadap bakteri yang berada pada sayap lainnya. Oleh karena itu, apabila seekor lalat dicelupkan ke dalam air keseluruhan badannya, maka bakteri yang ada padanya akan mati, dan hal ini cukup untuk menggagalkan “usaha lalat” dalam meracuni manusia, sebagaimana hal ini pun telah juga ditegaskan secara ilmiah. Yaitu bahwa lalat memproduksi zat sejenis enzim yang sangat kecil yang dinamakan Bakter Yofaj, yaitu tempat tubuhnya bakteri. Dan tempat ini menjadi tumbuhnya bakteri pembunuh dan bakteri penyembuh yang ukurannya sekitar 20:25 mili mikron. Maka jika seekor lalat mengenai makanan atau minuman, maka harus dicelupkan keseluruhan badan lalat tersebut agar keluar zat penawar bakteri tersebut. Maka pengetahuan ini sudah dikemukakan oleh Nabi kita Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam dengan gambaran yang menakjubkan bagi siapapun yang menolak hadits tentang lalat tersebut.

Dan Dr. Amin Ridha, Dosen Penyakit Tulang di Jurusan Kedokteran Univ. Iskandariyah, telah melakukan penelitian tentang “hadits lalat ini” dan menegaskan bahwa di dalam rujukan-rujukan kedokteran masa silam ada penjelasan tentang berbagai penyakit yang disebabkan oleh lalat. Dan di zaman sekarang, para pakar penyakit yang mereka hidup berpuluh-puluh tahun, baru bisa mengungkap rahasia ini, padahal sudah dibongkar informasinya sejak dahulu. Yaitu kurang lebih 30-an tahun yang lalu mereka menyaksikan dengan mata kepala sendiri obat berbagai penyakit yang sudah kronis dan pembusukan yang sudah menahun adalah dengan lalat.

Berdasarkan hal ini, jelaslah bahwa ilmu pengetahuan dalam perkembangannya telah menegaskan penjelasannya dalam terori ilmiah sesuai dengan hadits yang mulia ini. Dan mukjizat ini sudah dikemukakan semenjak dahulu kala, 14 abad yang silam sebelum para pakar kedokteran mengungkapkannya baru-baru ini. ( www.islamicmedicine.org )

Allahu akbar…….maka sangat aneh jika ada dokter yang menganggap bahwa hadist di atas adalah hadist yang menjijikkan dan tidak percaya dengannya. Bahkan ada yang berani mendhaifkan hadist di atas tanpa ilmu padahal sudah jelas hadist di atas Shahih di riwayatkan Imam Bukhori dan juga termaktub dalam hadist-hadist shahih yang dikumpulkan oleh Syaikh Albani dalam Ash-Shahihah-nya (lihat secara detail penjelasan keshahihannya dalam kitab ash-Shahihah Syaikh Albani). Saya hanya bisa menasehati diri saya sendiri dan diri para pembaca supaya meyakini bahwa Allah itu membuat segala syariatnya selalu ada hikmahnya hanya saja Allah berfirman:

بَعْدَ حِينٍ وَلَتَعْلَمُنَّ نَبَأَهُ

Dan sesungguhnya kamu akan mengetahu (kebenaran beritanya) setelah beberapa waktu lagi.” (QS Shaad : 88)

Maka yang wajib dilakukan oleh seorang muslim adalah mendahulukan perkataan Allah azza wa jalla dan Rasulnya Shallahu’alaihi wa sallam daripada selain keduanya. Yang sangat disayangkan adalah banyaknya orang-orang muslim yang tidak percaya dan menjalankan hadist-hadist Rasul Shallahu’alaihi wa sallam atau syariat Allah yang secara sekilas akal kita tidak menjangkaunya, menganggapnya jijik, kuno, primitif, bersifat mengekang, tidak modern, tidak modis, dan tuduhan-tuduhan sebagainya, tetapi saat telah dibuktikan dengan teknologi atau ilmu pengetahuan barulah mereka percaya. Na’udzubillahi minannar.

Allah berfirman:

……Dan engkau tidaklah diberi pengetahuan melainkan sedikit” (Al-Isra’ 85)

Dan perlu kita semua ingat bahwa Islam didirikan atas wahyu dan dalil yang shahih bukan hikmah yang ada padanya yang kita baru melakukan perintah tersebut jika telah mengetahui apa hikmah di dalamnya. Maka ini adalah kesalahan besar, karena ibadah asalnya adalah untuk ditaati sekalipun kita idak mengetahui hikmahnya.

Syaikh Ibnu Utsaiman rahimahullah berkata menetapkan hal ini, “Wajib kita ketahui bahwa hikmah adalah perintah-perintah dan larangan-larangan Allah dan Rasul-Nya Shalallahu’alaihi wa sallam, maka kita wajib menerimanya. Jika ada seseorang yang bertanya kepada kita tentang hikmah di dalam suatu perkara, kita jawab bahwa sesungguhnya hikmah adalah perintah-perintah dan larangan-larangan Allah dan Rasul-Nya Shalallahu’alahi wa sallam. Dalilnya dari al-Qur’an al-Karim adalah firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلاَ مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ

“Tidak pantas bagi seorang laki-laki atau perempuan yang beriman memiliki pilihan di dalam urusan mereka jika Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan satu urusan.” (QS. Al-Ahzaab: 36)

Akan tetapi, dari penjelasan di atas, tidak boleh dipahami oleh seorang pun bahwa tidak ada tuntutan untuk membahas tentang hikmah dan makna yang terkandung di dalam ibadah-ibadah yang ditunjukkan oleh beberapa indikasi. Karena Allah sendiri memerintahkan kita sebagian darinya dengan firmannya:

لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

“Agar kalian berfikir.”

لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Agar kalian beruntung.”

لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Agar kalian bertakwa.”

Dan sabda Rasulullah Shallahu’alahi wa sallam,

إِنَّمَا جُعِلَ الطَّوَافُ بِالْبَيْتِ وَبَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَرَمْيُ الْجِمَارِ ِلإِقَامَةِ ذِكْرِ اللَّهِ

Sesungguhnya, diadakannya thawaf di Ka’bah, sa’i antara Shafa dan Marwa dan melempar jumrah, adalah untuk mengingat Allah.” ( Sunan Abi Daud no. 1888. Di hasankan oleh Al-Arnauth di dalam takhrijnya terhadap Jami’ul Ushul no. 1505.)

Akan tetapi, yang dimaksudkan adalah untuk memberi peringatan agar tidak berlebih-lebihan di dalam membahasnya dan agar tidak menggantungkan pelaksanaan suatu ibadah dengan pengetahuan terhadap hikmahnya. Wallahu’alam

B. LARANGAN MENIKAHI KERABAT SEPERSUSUAN

1) Pengertian Nikah

Kata nikah berasal dari bahasa arab yang didalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan dengan perkawinan. Nikah menurut istilah syariat Islam adalah akad yang menghalalkan pergaulan antara laki - laki dan perempuan yang tidak ada hubungan Mahram sehingga dengan akad tersebut terjadi hak dan kewjiban antara kedua insan.

Hubungan antara seorang laki - laki dan perempuan adalah merupakan tuntunan yang telah diciptakan oleh Allah SWT dan untuk menghalalkan hubungan ini maka disyariatkanlah akad nikah. Pergaulan antara laki - laki dn perempuan yang diatur dengan pernikahan ini akan membawa keharmonisan, keberkahan dan kesejahteraan baik bagi laki - laki maupun perempuan, bagi keturunan diantara keduanya bahkan bagi masyarakat yang berada disekeliling kedua insan tersebut.

Berbeda dengan pergaulan antara laki - laki dan perempuan yang tidak dibina dengan sarana pernikahan akan membawa malapetaka baik bagi kedua insan itu, keturunannya dan masyarakat disekelilingnya. Pergaulan yang diikat dengan tali pernikahan akan membawa mereka menjadi satu dalam urusan kehidupan sehingga antara keduanya itu dapat menjadi hubungan saling tolong menolong, dapat menciptkan kebaikan bagi keduanya dan menjaga kejahatan yang mungkin akan menimpa kedua belah pihak itu. Dengan pernikahan seseorang juga akan terpelihara dari kebinasaan hawa nafsunya.

Allah SWT berfirman dalam surat An - Nisa Ayat 3 sebagai berikut :

Maka kawinilah wanita - wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan brlaku adil maka (kawinilah) seorang saja .” (An - Nisa : 3).

Ayat ini memerintahkan kepada orang laki - laki yang sudah mampu untuk melaksanakan nikah. Adapun yang dimaksud adil dalam ayat ini adalah adil didalam memberikan kepada istri berupa pakaian, tempat, giliran dan lain - lain yang bersifat lahiriah. Ayat ini juga menerangkan bahwa islam memperbolehkan poligami dengan syarat - syarat tertentu.

2) Hukum dan Dalilnya

Pada dasarnya Islam sangat menganjurkan kepada umatnya yang sudah mampu untuk menikah. Namun karena adanya beberapa kondisi yang bermacam - macam, maka hukum nikah ini dapat dibagi menjadi lima macam.

a. Sunnah, bagi orang yang berkehendak dan baginya yang mempunyai biaya sehingga dapat memberikan nafkah kepada istrinya dan keperluan - keperluan lain yang mesti dipenuhi.

b. Wajib, bagi orang yang mampu melaksanakan pernikahan dan kalau tidak menikah ia akan terjerumus dalam perzinaan.

Sabda Nabi Muhammad SAW. :

Hai golongan pemuda, barang siapa diantara kamu yang cukup biaya maka hendaklah menikah. Karena sesumgguhnya nikah itu enghalangi pandangan (terhadap yang dilarang oleh agama.) dan memlihara kehormatan. Dan barang siapa yang tidak sanggup, maka hendaklah ia berpuasa. Karena puasa itu adalah perisai baginya.” (HR Bukhari Muslim).

c. Makruh, bagi orang yang tidak mampu untuk melaksanakan pernikahan Karena tidak mampu memberikan belanja kepada istrinya atau kemungkinan lain lemah syahwat.

Firman Allah SWT :

Hendaklah menahan diri orang - orang yang tidak memperoleh (biaya) untuk nikah, hingga Allah mencukupkan dengan sebagian karunia-Nya.” (An Nur / 24:33)

d. Haram, bagi orang yang ingin menikahi dengan niat untuk menyakiti istrinya atau menyia - nyiakannya. Hukum haram ini juga terkena bagi orang yang tidak mampu memberi belanja kepada istrinya, sedang nafsunya tidak mendesak.

e. Mubah, bagi orang - orang yang tidak terdesak oleh hal - hal yang mengharuskan segera nikah atau yang mengharamkannya.

3) Syarat dan Rukun Nikah

Rukun nikah ada lima macam, yaitu :

a. Calon suami

Calon suami harus memenuhi syarat - syarat sebagai berikut :

1. Beragama Islam

2. Benar - benar pria

3. Tidak dipaksa

4. Bukan mahram calon istri

5. Tidak sedang ihram, haji, atau umroh

6. Usia sekurang - kurangnya 19 Tahun

b. Calon istri

Calon istri harus memiliki syarat - syarat sebagai berikut :

1. Beragama Islam

2. Benar - benar perempuan

3. Tidak dipaksa,

4. Halal bagi calon suami

5. Bukan mahram calon suami

6. Tidak sedang ihram, haji, atau umroh

7. Usia sekurang - kurangnya 16 Tahun

c. Wali

Wali harus memenuhi syarat - syarat sebagi berikut :

1. Beragama Islam

2. Baligh (dewasa)

3. Berakal Sehat

4. Tidak sedang ihram, haji, atau umroh

5. Adil (tidak fasik)

6. Mempunyai hak untuk menjadi wali

7. Laki - laki

d. Dua orang saksi

Dua orang saksi harus memenuhi syarat - syarat sebagai berikut :

Islam

1. Baligh (dewasa)

2. Berakal Sehat

3. Tidak sedang ihram, haji, atau umroh

4. Adil (tidak fasik)

5. Mengerti maksud akad nikah

6. Laki - laki

Pernikahan yang dilakukan tanpa saksi tidak sah. Sabda Nabi SAW. :

Tidak sah nikah melainkan dengan wali dan dua orang saksi yang adil.” (Riwayat Ahmad.)

e. Ijab dan Qabul

Allah dan kamu menghalalkan mereka dengan kalimat Allah”. (HR. Muslim).

4) Sebab Pernikahan Yang Dilarang Menurut Islam

Imam Syafi’I RA menganggap pernikahan dengan wanita yang telah dipinang orang lain sebagai pernikahan yang makruh. Sebab, pernikahannya sendiri sah, hanya prosesnya yang salah. Ada beberapa bentuk dan macam perkawinan yang dilarang dalam islam.

Menurut Imam Syafi’I RA ada beberapa perkawinan yang dilarang dan dianngap batal karena cacat rukunnya. Dalam kaitan perkawinan yang batal ini tak memiliki dampak kewajiban apa pun semacam mahar, nafakah, tidak menjadi muhrim dengan mertua dan lainnya, tak ada dampak nasab dan juga tak ada iddah. Artinya, pihak wanitanya langsung bisa kawin lagi dengan laki-laki lain.

Imam Syafi’I RA menyebut Sembilan pernikahan yang batal secara hukum, yaitu:

1. Pernikahan Syighar. Pernikahan Syighar itu semacam pernikahan barter. Seseorang menikahkan anak atau kerabatnya dengan maskawin mengawini anak atau kerabat pihak laki-laki. Dalam kaitan ini, keperawanan masing-masing menjadi maskawin. Larangan ini muncul berdasarkan hadis Muslim dari Ibnu Umar: “Tiada bentuk Syighar dalam islam”.

2. Nikah Mut’ah. Yaitu pernikahan yang diberi jangka batas waktu. Nikah mut’ah kerap pula disebut dengan nikah mu’aqqat (terkait waktu). Misalnya, menikah hanya sebulan atau dua bulan. Cacat pernikahan ini adalah mencantumkan batas waktu, sementara Islam mengajarkan pernikahan untuk selamanya dan membina keluarga.

3. Pernikahan yang dilakukan oleh orang yang tengah berihram, baik pihak suami maupun istri yang tengah melaksanakan ihram, baik ihram haji atau umrah. Tapi, dalam keadaan ihram boleh seseorang merujuk istrinya yang dicerai sekali atau dua kali, bukan talak tiga atau bain. Sebab, dalam fikih, merujuk (raj’ah) itu bukan memulai (ibtida’ al-aqdi) tapi meneruskan yang lampau (istidamah).

4. Pernikahan yang dilakukan oleh para wali untuk seorang wanita dengan beberapa laki-laki secara tidak disadari dan diketahui. Misalnya, terjadi pernikahan yang dilakukan oleh beberapa orang yang merasa wali seorang wanita dengan laki-laki yang berbeda, namun objek istri hanya satu, serta tidak dikatahui mana yang lebih dahulu dari perkawinan itu.

5. Menikahi wanita yang tengah dalam keadaan masa iddah (masa transisi) baik iddah karena suami meninggal atau cerai. Jika pernikahan ini telah mengakibatkan hubungan intim, maka keduanya dihukum sebagai hukuman zina.

6. Pernikahan dengan wanita yang diragukan kehamilannya sebelum habis masa iddahnya. Dalam kaitan ini harus ditunggu dulu statusnya, apakah benar-benar hamil atau tidak. Jika dalam keadaan ini dilaksanakan, maka batallah nikahnya.

7. Pernikahan seorang muslim dengan wanita kafir termasuk wanita murtad yang bukan dari kalangan (Yahudi dan kristiani). Menurut Dr. Wahbah Azzuhaily, kebolehan mengawini kitabiyah (yahudi dan nashrani/kristiani) jika si wanita memiliki keturunan yang sejak awal memang mengikuti agama itu, bukan pemeluk baru. Namun, majelis Ulama Indonesia dalam fatwanya tahun 1983 melarang laki-laki muslim mngawini wanita kitabiyah karena pola budaya rumah tangga kita yang berbeda dengan tanah Arabia. Di sini, wanita sangat dominan terhadap rumah tangga sehingga jika pihak ibu bukan islam akan sangat besar mempengaruhi anak-anak menjadi bukan islam. Padahal tanggung jawab suami adalah menjaga keturunannya untuk tetap dalam satu iman dan agama.

8. Perkawinan dengan menikahi wanita yang suka berganti agama (muntaqilah min dinin ila akhara). Wanita seperti ini tidak boleh dinikahi sebelum masuk islam sepenuhnya.

9. Perkawinan wanita muslimah dengan laki-laki kafir dan termasuk ahli kitab. Atau, jika salah satu pasangan ini atau keduanya murtad sebelum dukhul (malam pertama), maka batallah pernikahan mereka.

Di samping itu masih ada perbedaan pendapat antara haram dan makruh terkait dengan bentuk perkawinan. Imam Syafi’I RA hanya menganggap makruh pernikahan muhallil (laki-laki yang menjadi penyela pernikahan untuk wanita yang telah ditalak tiga kali/bain oleh suaminya) yang tidak diniatkan untuk membolehkan suami pertama mengawini kembali istrinya. Namun Imam Hanbali RA menilai pernikahan muhallil  untuk tujuan member kesempatan pada suami pertama mengawini adalah haram. Bahkan, menurut Hanbali, pernikahan dengan suami pertamanya kemudian setelah perceraiannya dengan muhallil. Karena pernikahan ini bersifat mencicipi.

Rasulullah SAW bersabda “Allah melaknat laki-laki yang suka mencicipi (dzawwaqin) dan wanita yang suka dicicipi (dzawwaqat)”.

Demikian juga Imam Syafi’I RA menganggap pernikahan dengan wanita yang telah dipinang orang lain sebagai pernikahan yang makruh. Sebab, pernikahannya sendiri sah hanya prosedurnya yang salah. Kalangan ahli fikih mengkiyaskan hal ini dengan seseorang yang berwudlu dengan air curian atau tanpa izin pemiliknya (ghasab). Namun, mazhab lain menganggap pernikahan semacam ini batal. Menurut Imam Malik RA, pernikahan menjadi rusak (fasakh) sebelum dukhul dan langsung terjadi talak bain yang tak bisa dirujuk (ra’jah) kembali.

5) Hikmah dan Tujuan Nikah

1) Perkawinan Dapat Menentramkan Jiwa

Dengan perkawinan orang dapat memnuhi tuntutan nasu seksualnya dengan rasa aman dan tenang, dalam suasana cinta kasih, dan ketenangan lahir dan batin.

Firman Allah SWT :

Dan diantara tanda - tanda kekuasaa-Nya ialah dia menciptkan istri - istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya.” (Ar Rum/30:21)

2) Perkawinan dapat Menghindarkan Perbuatan maksiad.

Salah satu kodrat manusia adalah penyaluran kodrat biologis. Dorongan biologis dalam rangka kelangsugan hidup manusia berwujud nafsu seksual yang harus mendapat penyaluran sebagaimana mestinya. Penyaluran nafsu seksual yang tidak semestinya akan menimbulkan berbagai perbuatan maksiat, seperti perzinaan yang dapat megakibatkan dosa dan beberapa penyakit yang mencelakakan. Dengan melakukan perkawinan akan terbuaka jalan untuk menyalurkan kebutuhan biologis secara benar dan terhindar dari perbuatan - pebuatan maksiad.

3) Perkawinan untuk Melanjutkan Keturunan

Dalam surah An Nisa ayat 1 ditegaskan bahwa manusia diciptakan dari yang satu, kemudian dijadika baginya istri, dan dari keduanya itu berkembang biak menjadi manusia yang banyak, terdiri dari laki - laki dan perempuan.

Memang manusia bisa berkembang biak tanpa melalui pernikahan, tetapi akibatnya akan tidak jelas asal usulnya / jalur silsilah keturunannya. Dengan demikian, jelas bahwa perkawinan dapat melestarikan keturunan dan menunjang nilai - nilai kemanusiaan.

C. MINYAK ZAITUN

1. Pengertian Zaitun

Zaitun adalah merupakan sejenis species daripada tanaman yang tertua di dunia. Rekod sejarah menunjukkan pokok zaitun mempunyai pelbagai guna khasnya dalam bidang perubatan sejak zaman purba Mesir.

Minyak Zaitun selain umumnya digunakan untuk kesehatan, ternyata masih ada sangat banyak kegunaan yang berharga, bukan saja menghemat uang, juga bisa memberikan kemudahan bagi kehidupan keluarga.

Tinggi rendahnya kwalitas minyak zaitun  berhubungan erat dengan jenis zaitun itu sendiri, bisa juga dikarenakan tempat asal produk, iklim, proses pengolahan dan metode penyimpanan, semua aspek itu bisa menampakkan keistimewaan yang berbeda.

Minyak zaitun merupakan salah satu pola makan yang selalu dipromosikan oleh lembaga  pangan di Mediterania, seiring gaya makan Mediterania yang semakin populer, minyak zaitun telah berperan sebagai promosi kesehatan yang paling diandalkan, juga telah diterima oleh kalangan luas. Fenomena pemasaran yang sukses bukan karena pengaruh kemasannya, melainkan memang benar ia mengandung nilai gizi tinggi dalam pengunaannya.

Studi penelitian mengenai nilai gizi minyak zaitun sudah sangat banyak, U.S.Food and Drug Administration (FDA) mengkonfirmasi bahwa setiap hari mengkonsumsi 23 gram minyak zaitun, secara efektif dapat mengurangi insiden penyakit jantung, juga bisa mengatur metabolisme tubuh, mengurangi pengentalan darah serta mengurangi resiko timbulnya tumor.

Asam lemak yang terkandung di dalamnya bersifat satuan yang tanpa titik jenuh, ia dapat meningkatkan kolesterol positif (HDL), menurunkan kolesterol negatif (LDL), juga membantu melancarkan pencernaan, mencegah batu empedu, meringankan tukak lambung. Minyak zaitun berkualitas unggul juga mengandung sejumlah besar antioksidan yang berfungsi melawan kanker, ia benar-benar sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

2. Kegunaan Mujarab dari Minyak Zaitun

Selain untuk keperluan masakan seperti yang diketahui umum, minyak zaitun masih memiliki banyak bentuk penggunaan yang berharga, mulai dari perawatan pribadi, perbaikan dalam lingkungan keluarga atau terapi secara alami. Amerika Green Living Network (Daily Green) menawarkan sejumlah penggunaan mujarab dari minyak zaitun, bukan hanya bisa menghemat uang, juga bisa membawa lebih banyak kemudahan dalam kehidupan keluarga.

Sesuatu yang mengeluarkan cahaya yang terang apabila dibakar tanpa mengeluarkan asap adalah menakjubkan dan itulah hakikat kelebihan minyak zaitun. Tumbuhan zaitun mempunyai ketinggian 3 meter, berdaun hijau terang dan berbuah ungu gelap. Menurut pengamal hadith, setelah taufan nooh melanda, tumbuhan zaitun adalah yang pertama kelihatan. Buah zaitun kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan besi. Buah yang terbaik untuk dimakan adalah daripada Greece, “Kalamata olive” berwarna ungu gelap, berbentuk buah badam dan bersaiz ½” ke 1″. Ia dipek dan dipasarkan dalam minyak zaitun atau cuka. Buah2 untuk tujuan ini akan dipetik atau digugurkan tetapi dibiarkan matang untuk penghasilan minyak. Buah zaitun digred mengikut tahun ia diambil dari pokok, jenis dan saiz.

Kebanyakan minyak yang dikomersialkan diproses secara menghapus zat pemakanannya. Adalah penting untuk menggunakan minyak zaitun tulen daripada yang jernih di pasaran. Minyak zaitun yang tulen adalah ekstrak pertama buah zaitun tanpa penggunaan bahan kimia atau haba bagi mempastikan kadar asid yang rendah. Hanya minyak zaitun tulen mempunyai serangan terhadap penyakit. Ia bukan sahaja menyihatkan tetapi juga menambah perisa dalam masakan.

Minyak zaitun boleh digunakan untuk dalaman (kesihatan) juga luaran (kecantikan). Ia merupakan syarat utama untuk gaya hidup yang lebih sihat. Ia digunakan dalam pembuatan produk kecantikan kerana ciri2nya yang boleh melembutkan kulit. Ia merupakan minyak semulajadi yang terbaik dan pilihan utama untuk tumbesaran. Paras asid yang rendah memudahkan  penghadaman berbanding lemak lain. Vitamin E dalam minyak zaitun merendahkan kolesterol LDL, tekanan darah dan risiko sakit jantung koronari. Vitamin K pula menghalang darah dari melekit dan membeku. Kesimpulannya, minyak zaitun tulen mengandungi perlindungan kesihatan, ia mengurangkan risiko penyakit kardiovaskular, arteriosklerosis dan pelbagai masalah akibat proses penuaan.

Menurut ulamak Zahbi, minyak zaitun menguatkan rambut dan badan. Ia boleh digunakan sebagai tonik kepada masalah penuaan dan melambatkan prosesnya. Ia boleh juga digunakan untuk mengatasi masalah seksual. Minyak zaitun berkesan dalam mengatasi kes kebakaran dengan mencampurkannya dengan sedikit garam. Jeruk buah zaitun boleh mengatas masalah sembelit.

Pengambilan lemak yang tinggi berserta minyak zaitun dapat mengurangkan risiko sakit jantung. Menurut Ibnu Al-Qayyim, minyak zaitun adalah peseri wajah. Ia menghalang berlakunya keracunan, mengawal proses penghadaman, mengilatkan rambut dan berkesan untuk bisul, ruam lampin, gatal2 dan ulser yang kronik. Menyapu minyak zaitun dengan sedikit garam pada gusi boleh melegakan penyakit gusi dan gigi.

Menurut statistik, minyak zaitun merupakan ramuan utama makanan penduduk Mediterranean. Sakit jantung adalah akibat kematian yang tinggi di Amerika Syarikat. Kajian terkini ke atas minyak zaitun mendapati ia boleh mengurangkan risiko sakit jantung koronari dengan merendahkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut kajian, risiko serangan jantung boleh dikurangkan dengan pengambilan minyak zaitun, penambahan sayuran dan pengurangan makanan tenusu. Kajian lain mendapati minyak zaitun mengurangkan lemak badan di bahagian perut. Risiko menghidapi sakit jantung berlaku lebih pada mereka yang mempunyai badan dan perut berbentuk epal. Kajian terhadap kolesterol LDL menunjukkan ia menjadi punca utama pembentukan arteriosklerosis. Ini akan menambahkan risiko sakit jantung koronari dan serangan jantung.

Kajian yang dijalankan ke atas wanita oleh “Harvard School of Public Health” dan “Athens School of Public Health” mendapati amalan mengambil minyak zaitun lebih dari sekali sehari boleh mengurangkan 25% risiko menghidapi kanser payu dara. Kandungan Vitamin E yang tinggi dalam minyak zaitun telah menghalang kemusnahan sel yang menjadi punca kanser. Kajian yang diketuai oleh professor Miguel Gassull di Hospital Universiti “Germans Trias Pujol” di Barcelona, Sepanyol ternyata membuktikan minyak zaitun menghalang pembentukan kanser kolon. Kajian lain yang dijalankan di Universiti Oxford menambah bukti yang menunjukkan minyak zaitun berkesan dalam membantutkan kanser kolon. Dr Michael Goldacre dan sekumpulan pengkaji dari “Institute of Health Science” membandingkan kanser, makanan dan pengambilan minyak zaitun di 28 negara termasuk Eropah, Amerika Syarikat, Brazil, Colombia, Kanada dan China. Hasil kajian menunjukkan negara yang mempunyai pengambilan daging yang lebih dan sayur yang kurang mempunyai risiko menghidapi kanser yang tinggi. Minyak zaitun dikaitkan sebagai punca kurang risiko. Saintis Jepun mendakwa minyak zaitun tulen yang disapu pada badan selepas berjemur boleh memeliharanya daripada kanser kulit.

CARA PENGAMBILAN:

1. Campurkan 2 sudu makan minyak zaitun ke dalam setiap masakan.

2. Menghilangkan parut bekas jerawat di muka (ratakan campuran 3 sudu teh minyak zaitun dengan 1 sudu teh minyak habbatus sauda pada muka, biarkan selama 3 jam, cuci).

3. Menghilangkan parut pada anggota lain di badan (ratakan campuran 6 sudu teh minyak zaitun dengan 2 sudu teh minyak habbatus sauda pada anggota terlibat, biarkan selama 2 jam, cuci).

Selain itu juga minyak zaitun mempunyai beberapa manfaat diantaranya:

a) Merawat kulit:

Minyak zaitun mengandung asam linolenat, berupa senyawa yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia dan dapat mencegah penguapan air pada tubuh. Ia dapat secara langsung dioleskan pada kulit atau dicampur ke air saat mandi, memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit.

b) Melembabkan Rambut

Gosokkan sedikit minyak zaitun pada rambut yamg kering dan kusut, akan membuat rambut lebih luwes; terutama pada musim dingin atau hari bercuaca lembab, minyak zaitun juga dapat mengurangi beberapa kerusakan pada rambut. Dapat pula menggunakan beberapa sendok minyak zaitun untuk memijat rambut, supaya minyak menyerap masuk lebih dalam ke kulit kepala serta akar rambut.

c) Merawat kucing Kesayangan

Ambil satu sendok minyak zaitun campurkan kedalam makanan kucing, dapat mencegah akumulasi rambut dalam lambung dan usus kucing, bersamaan juga bisa membuat bulu kucing lebih berkilau dan sehat. Dibandingkan dengan minyak anti kusut rambut yang terbuat dari minyak bumi, minyak zaitun mungkin lebih aman terhadap tubuh kucing.

d) Mengurangi Dengkur

sebelum tidur menghirup seteguk minyak zaitun dapat bantu melembabkan otot pada tenggorokan , mengurangi kemungkinan mendengkur. Ketika tenggorokan gatal juga boleh minum satu sendok minyak zaitun untuk meredam gejala tersebut.

e) Membersihkan Perabotan dan Merawat Kulit Sofa

Gosokkan sedikit minyak zaitun pada perabotan rumah bisa mencegah tanda tanda  belang, korosi dan bintik noda. Minyak zaitun dicampur cairan lemon dengan perbandingan 2:1 dapat membuat meja di ruang kantor mengkilap seperti baru. Teknik ini juga sangat cocok untuk berbagai jenis perabotan yang terbuat dari kayu; tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada kain lembut, dengan mudah dapat membersihkan debu dan rusak gesekan. Ia juga dapat merawat produk kulit, misalnya gunakan minyak zaitun menggosok sarung tangan baseball, selang 30 menit kemudian baru bersihkan sisa minyak zaitun.

f) Mengatasi suara pintu yang tergesek atau risleting yang macet

Banyak kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas, seperti bunyi derit engsel pada pintu atau risleting yang macet tidak bergerak, oleskan sedikit minyak zaitun kemudian dengan pelahan-lahan digerakkan supaya lancar

3. Cara Memilih Minyak Zaitun

Minyak zaitun sama dengan arak anggur, kwalitasnya bisa berbeda dikarenakan jenis, tempat asal produk, iklim, proses pemerasan dan metode penyimpanan. Minyak zaitun yang berkualitas tinggi tampak bening, berwarna hijau keemasan atau kuning keemasan, saat dicicipi rasanya hangat dan licin di mulut, ada sedikit pahit atau pedas; sebaliknya, minyak zaitun yang berkualitas rendah agak keruh, kurang bercahaya, warnanya tawar, mutu minyaknya encer, saat dicicipi rasanya hambar atau ber-aroma aneh.

Harga minyak zaitun tinggi karena pengolahan yang benar sehingga bisa mempertahankan lebih banyak gizi. Buah zaitun yang diolah melalui perasan dingin pertama menghasilkan minyak zaitun dengan kemurnian extra tinggi (extra virgin olive oil), aroma harumnya paling kental; melalui perasan dingin kedua menghasilkan minyak zaitun dengan kemurnian tinggi (virgin olive oil). Minyak zaitun yang beredar dipasaran adalah bertaraf umum (regular olive oil) atau taraf murni (pure olive oil). Ini adalah hasil olahan denga ekstraksi dan penyaringan kimia, sehingga kadar aroma dan gizinya agak kurang.

Yang harus diperhatikan ialah, minyak ampas (biji) zaitun (pomace olive oil) merupakan minyak bekas hasil olahan dengan memanfaatkan ampas bekas perasan ditambah dengan biji zaitun dan sari sayuran, minyak tersebut mengandung zat penyebab kanker “benzopyrene”, meskipun harganya rendah, namun sebaiknya jangan dibeli.

4. Penyimpanan Minyak Zaitun

Para ahli menyarankan bahwa minyak zaitun bukan seperti arak anggur, disimpan makin lama makin harum, ia sebaiknya digunakan habis dalam batas waktu kadaluarsa. Jika tidak akan rentan terhadap oksidasi dan berubah aromanya. Minyak zaitun kemasan besar dapat dibagi-bagi, disimpan masing-masing dalam tabung keramik kecil atau botol kaca, untuk mengurangi kesempatan minyak zaitun kontak dengan udara, simpanlah dalam ruangan yang sejuk, dapat juga menyimpannya di dalam kulkas.

Minyak zaitun berkualitas tinggi pada temperatur rendah akan timbul gejala kabut, tapi saat mengalami suhu tinggi akan kembali bening dan transparan. Pada umumnya batas waktu penyimpanan (masa kadaluarsa) minyak zaitun selama 2-3 tahun, namun sebaiknya digunakan habis dalam 18 bulan, baru dapat mempertahankan kualitasnya yang terbaik. (Efochtimes/akw)

5. Sudut Pandangan Sains Tentang Minyak Zaitun

Nama saintifik zaitun ialah Oleaeurofea. Tinggi pokoknya kira-kira tiga meter. Daunnya hijau terang dan buah yang masak ranum berwarna ungu kehitaman serta amat kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi. Buah zaitun yang paling baik kualitinya ialah yang dihasilkan di Greece. Bagaimanapun, Sepanyol dan Itali merupakan pengeluar minyak zaitun terbesar. Seperti pokok kelapa, setiap bahagian pokok zaitun ada kegunaan kepada manusia. Sememangnya zaitun ialah satu lagi anugerah alam ciptaan Allah yang amat bermanfaat kepada kesihatan kita. Ini telah diakui dunia perobatan.

Minyak zaitun amat jernih dan berkilau, lagi mahal harganya. Minyak zaitun baik untuk kesihatan luaran dan dalaman manusia. Paras asidnya yang rendah memudahkan penghadaman kita. Vitamin E yang terkandung di dalam minyak zaitun didapati boleh merendahkan kolestrol LDL(kolestrol jahat), tekanan darah, dan risiko koronori jantung. Ibnu Qayyim meriwayatkan bahawa minyak zaitun yang dibancuh dengan sedikit garam boleh meredakan radang gusi dan gigi. Menurutnya lagi minyak zaitun dapat menawarkan racun dan mengeluarkan cacing. Minyak zaitun juga amat popular digunakan dalam produk kecantikan. Ia boleh menguatkan akar dan melembutkan kulit.

Kajian saintifik pula mendapati amalan memakan minyak zaitun amat membantu mengurangkan risiko barah payudara kerana ia kaya dengan Vitamin E.

Daripada Abu Hurairah bahawa Rasulullah s.a.w bersabda:

Makanlah minyak zaitun dan lumurlah minyaknya, kerana ia berasal daripada pohon yang penuh berkat. (Riwayat At-Tirmizi dan Ibnu Majah).

Minyak zaitun jernih dan berkilau seperti cahaya. Ini disebut di dalam al-Quran surah An-Nur:35:

…yang dinyalakan dengan minyak yang banyak faedahnya (iaitu) zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat, yang minyaknya (sahaja) hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…

Daun zaitun bermanfaat sebagai penggalak sistem imun manusia. Masyarakat Timur Tengah telah mengamalkan meminum teh daun zaitun sejak berabad yang lalu untuk merawat batuk, sakit tekak, demam, dan gout.

Ibnu Qayyim juga menjelaskan bahawa daun zaitun boleh merawat luka dan gatal-gatal.

Pendek kata, daun zaitun bersifat antibiotik. Oleh yang demikian, pengambilan daun zaitun mestilah mengikut dos tertentu.

Batang zaitun pula boleh dibuat perabot. Malah ada juga tasbih yang diperbuat daripada kayu zaitun. Tasbih daripada kayu zaitun ini kelihatan agak berminyak dan agak harum.

Sesungguhnya setiap ciptaan Allah di alam ini ada manfaat bagi manusia.

Bagi anda yang gemar makan piza, pilihlah yang ditabur dengan zaitun. Ingat! Zaitun amat berkhasiat. Untuk mendapat rambut yang sihat dan lebat pula, gunalah minyak zaitun untuk mendandan rambut dan urut di kepala.

Menurut riwayat, setelah bahtera Nabi Nuh a.s. berlabuh, pokok zaitun merupakan objek pertama yang kelihatan.

6. Minyak Zaitun Dalam Al-Qur’an dan Hadits

Sejak 1400 tahun silam, Baginda Nabi Muhammad SAW, telah menganjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun, mengingat sangat besar khasiat dalam kandungan minyak dari pohon/buah zaitun yang diberkahi.
Dalam Firman Allah Ta’ala disebut, Maksud Ayat: “Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang yang bercahaya seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkah, yakni pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah baratnya, yang minyaknya ampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. cahaya di atas cahaya berlapis-lapi), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu”. (Annur : 35).

“Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman”. (Al-An’am:99).
“Dia (Allah) menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (Annakhl : 11).

Disebut dalam hadis, bahwasanya Rasululloh SAW, bersabda, Maksud Hadis: “Makanlah kalian buah zaitun minyak zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya (Zaitun) dari pohon yang diberkahi” (Attirmizdi & Ibnu Maja).

Dalam hadis yang lain dari Ibnu Umar, Rosululloh SAW, telah bersabda: “Makanlah kalian dengan buah zaitun minyak zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya zaitun dari pohon yang diberkahi” (Al-Baihaqi & Ibnu Maja). Riwayat lain menjelaskan, bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda : “Barangsiapa menggosok (badannya) dengan minyak zaitun, syaithon tidak akan mendekatinya”. Pohon zaitun itu tumbuh di puncak bukit ia dapat sinar matahari baik di waktu matahari terbit maupun di waktu matahari akan terbenam, sehingga pohonnya subur dan buahnya menghasilkan minyak yang baik. Jika diminum bermanfaat untuk: Menguatkan kandung empedu, menurunkan asam lambung (segala jenis minyak jika dikonsumsi mengganggu pencernaan, kecuali minyak zaiyun) Mencegah gangguan pencernaan, mengobati penyakit wasir, Mengobati Impotensi, Membantu datang bulan yang bermasalah, Menghilangkan racun dalam tubuh, Mencegah pertumbuhan sel sel kangker dan tumor, Menurunkan kadar gula dan kolesterol dan Mencegah penyakit diabetes. Jika dioleskan bermanfaat untuk: Menghilangkan flek dan kerut di wajah, Melindungi dari bakteri, Mencegah rontoknya rambut, Menghilangkan penyakit kulit, Menghaluskan & melembabkan kulit, Mencegah penuaan dini dan Menjaga kebersihan kulit kepala. Rosululloh SAW, adalah suri tauladan terbaik bagi kita umat islam. Suri tauladan tersebut mencakup semua aspek kehidupan kita, termasuk dalam memelihara kesehatan atau berobat dan mengobati orang sakit.

Allah Ta’ala, berfirman : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab : 21). Mari kita simak, apa kata para peneliti minyak zaitun. Dari pengkajian para pakar ilmuan, belum lama berselang, di ketahui bahwa zaitun merupakan sumber makanan sehat.
Kandungan asam linoleik yang terdapat dalam buah ini secara khusus sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah menyusui anaknya. Kekurangan asam linoleik dapat mengurangi pertumbuhan bayi dan memperbesar potensi pada timbulnya beberapa penyakit kulit. Organisasi-organisasi kesehatan, termasuk WHO, menganjurkan penduduk yang bermukim dalam masyarakat yang tingkat penderita diabetes dan arterioclerosis (penebalan saluran urat darah) tinggi supaya mengonsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30% asam linoleik.

Manfaat zaitun tidak hanya terbatas pada asam linoleik. Misalnya, unsur klorin yang dikandungnya dapat meningkatkan fungsi liver lebih sempurna, sehingga dengan begitu memfasilitasi tubuh dalam mengeluarkan bahan buangan. Karena juga memberi sumbangan pada kerangka tubuh, zaitun dengan demikian membuat tubuh jadi kuat dan panjang usia.
Unsur-unsur tersebut juga baik untuk serabut arteri otak. Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan itu, minyak zaitun adalah sumber penting bagi gizi manusia. Berbeda dengan mentega padat, minyak zaitun tidak meninggikan tingkat kolesterol di dalam darah, sebaliknya minyak ini tetap mengendalikannya. Karena itu, para dokter sangat menganjurkan pemakaian zaitun dalam hal masak-memasak.

Sementara itu, apakah dalam keadaan panas atau dingin, minyak zaitun mengurangi jumlah asam pencernaan dan dengan demikian melindungi perut dari penyakit-penyakit radang usus dan sakit mag. Minyak zaitun juga membuat teraturnya gerakan kantong empedu. Penelitian juga telah mengungkapkan bahwa minyak zaitun memiliki kemampuan tertentu untuk mencegah timbulnya penyakit urat darah koroner melalui pengurangan level LDL, sejenis kolesterol yang mengganggu kesehatan, sementara meninggikan tingkat kolesterol yang bermanfaat untuk kesehatan HDL di dalam darah.
Vitamin E, A, D, dan K dalam darah sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan kadar mineral dalam tubuh anak-anak dan orang dewasa. Ia memperkuat tulang-belulang dengan cara menstabilkan kalsium. Minyak zaitun merupakan unsur vital dalam membangun organisme-organisme tubuh. Unsur-unsur antioksidan semacam ini dan asam-asam lemak seperti asam linoleik, yang sangat penting bagi manusia, memperbanyak hormon dan sintesis membran sel-sel biologis. Karena vitamin-vitamin ini memperbaharui sel, mereka juga digunakan untuk mengatasi keluhan-keluhan yang terkait dengan usia seseorang dan perawatan kulit.

Karena vitamin memberi sumbangan pada pertumbuhan otak dan jaringan saraf bayi sebelum dan sesudah kelahiran, satu-satunya rekomendasi para spesialis kepada para ibu adalah minyak zaitun.Di samping memiliki satu peringkat asam linoleik yang sangat mirip tarafnya dengan ASI, minyak zaitun berfungsi sebagai sumber nutrisi alami seperti halnya ASI bila dicampur dengan susu sapi bebas lemak. Sebagai harta milik kesehatan yang penting, minyak zaitun, mujarab untuk mengatasi penyakit-penyakit jantung dan saluran darah. Sehubungan dengan segala kemanjuran dan kemanfaatan itu, minyak zaitun telah menarik perhatian para spesialis kesehatan dalam kurun tahun terakhir ini. Minyak zaitun termasuk jenis Olea europaea dari keluarga Oleaceae. Sejak ribuan tahun silam masyarakat di sekitar Laut Tengah dan Timur Tengah telah merasakan manfaatnya. Dalam bentuk buah, zaitun muda yang berwarna hijau kekuningan kerap disantap begitu saja atau sebagai penambah rasa. Sementara zaitun yang matang dengan warna hitam kerap diacar maupun diperas untuk diambil minyaknya. Setiap buah zaitun yang matang mengandung 80% air, 15% minyak, satu% protein, satu% karbohidrat, dan serat satu%. Untuk menghasilkan buah dan berproduksi secara penuh, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun. Hingga saat ini Italia dan Spanyol berada di barisan terdepan negara penghasil minyak zaitun, disusul oleh Yunani, Tunisia, Maroko, dan Amerika Serikat (AS). Kawasan mediterania selama ini memang dikenal sebagai gudang buah dan minyak zaitun.

Selama ini penduduk Timur Tengah mengandalkan zaitun sebagai sumber minyak nabati. Minyak inilah yang menciptakan rasa khas pada hidangan mereka. Jika diolah menjadi minyak maka kandungan asam lemak yang dimiliknya antara lain asam oleat atau omega 9 (79%), asam palmitrat atau asam lemak jenuh (11%), asam linoleat atau omega 6 (7%), asam stearat (2%), dan lain-lain sebesar 1%.

Alsuhendra mengatakan, tingginya kandungan asam lemak tak jenuh, khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal di mana di dalamnya terdapat asam oleat atau omega 9 dan juga asam linoleat atau omega-6, yakni mencapai 65-85% membuat minyak zaitun banyak digunakan di bidang kesehatan. Lebih jauh, alumnus Institut Pertanian Bogor ini menyebutkan asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal ternyata memiliki keunggulan, yakni lebih sulit teroksidasi. Dengan sifat ini maka jika dioleskan ke kulit maka kulit akan terlindungi dari sinar matahari dan tidak akan terpicu menjadi kanker atau tumor. Jika dikonsumsi manfaat zaitun erat dengan kandungan omega 9. Omega 9, jelasnya, mampu menekan low density lipoprotein (LDL) atau yang akrab dikenal dengan kolesterol jahat dalam tubuh dan menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. ”Khasiat kesehatan zaitun memang luar biasa.

Tidak hanya kandungan asam lemaknya tetapi juga senyawa lain seperti klorofil yang berperan sebagai antioksidan,” katanya. Saat ini di pasaran terdapat beberapa jenis minyak zaitun tergantung pada proses ekstrasinya, yakni minyak zaitun perawan, murni, dan sulingan. Yang pertama merupakan minyak zaitun bermutu tinggi karena merupakan hasil ekstrasi pertama.
Mudah dikenali melalui warnanya yang kehijauan. Sedangkan yang sulingan biasanya berwarna keputihan sebagai hasil dari pemanasan. Lantas bagaimana agar kita bisa menuai manfaat maksimal minyak zaitun? Suhendro mengatakan tergantung kebutuhan yang kita inginkan. Jika minyak zaitun difungsikan sebagai bahan baku dengan tujuan penambah gizi, lelaki kelahiran Padang ini menyarankan untuk memilih yang murni.
Namun, jika hanya sekadar untuk mempercantik makanan maka minyak hasil sulingan sudah memadai. Sebagai tambahan, Alsuhendra menambahkan zaitun merupakan jenis minyak yang tidak begitu suka dengan panas tinggi. Pasalnya pemanasan yang tinggi hanya akan merusak ikatan rangkap asam lemak zaitun,dan yang lebih mengkhawatirkan,dampak lanjutannya akan mengubah minyak zaitun justru menjadi radikal yang berbahaya bagi tubuh. Nabi Muhammad SAW, telah menganjurkan agar kita mengkonsumsi dan memakai zaitun sebagai minyak.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ada enam belas pakar kedokteran paling tersohor di dunia berkumpul di Roma pada tanggal 21 April 1997 M, untuk menerbitkan beberapa pengarahan dan keputusan bersama tentang tema “Minyak Zaitun dan Nutrisi Laut Putih Tengah”. Dalam pernyataan tersebut, mereka menegaskan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan andil melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesitas, di samping minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker.

Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya. Berbagai riset membuktikan adanya fakta yang tidak menyi-sakan keraguan lagi, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat. Minyak Zaitun Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah. Dalam sebuah kajian yang dipublikasikan pada bulan Desember tahun 1999 M. di Majalah AMJ CLIN NUTRL para peneliti menyatakan bahwa nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan selanjutnya mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.

Minyak Zaitun Menurunkan Angka Kematian. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada 20 Desember 1999 M, menunjukkan bahwa negara paling miskin di Eropa, yaitu Albania, yang berpenduduk muslim, memiliki keistimewaan sedikitnya angka kematian di sana. Angka kematian di Albania di kalangan pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, separoh dari keadaan di Britania.  Hal itu dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun dalam makanan para penduduk Albania. Minyak Zaitun Mengurangi Pemakaian Obat2tan Penurun Tekanan Darah Tinggi Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia dan dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine, tanggal 27 Maret 2000 M, telah diadakan studi terhadap 32 pasien yang terkena penyakit tekanan darah tinggi dan mereka itu mengkonsumsi obat-obatan untuk darah tinggi.
Hasil studi menunjukkan penurunan tekanan darah dalam kadar 7 poin di kalangan mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun. Minyak Zaitun Mengurangi Serangan Kanker. Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak, di samping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, dan kol. Minyak Zaitun Mencegah Timbulnya Kanker.
Profesor Asman, Ketua Akademi Studi Arteriosclerosis di Universitas Monstar, Jerman, dia merupakan peneliti paling menonjol di dunia di bidang kedokteran dan arteriosclerosis, ia berkata, “Pengkonsumsian minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, di antaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim.” Minyak Zaitun dan Kanker Payudara. Sebuah studi yang dipublikasikan di bulan November 1995 dan dilakukan terhadap 2.564 wanita yang terkena kanker payudara, menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengkon-sumsian minyak zaitun, dan bahwa banyak mengkonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara.
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine edisi Agustus 1998 M menegaskan bahwa pengkonsumsian sesendok makan minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45%. Minyak Zaitun dan Kanker Rahim. Majalah Kanker Britania mempublikasikan di bulan Mei 1996 M sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengkorelasikan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan wanita-wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Di mana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26%.

Minyak Zaitun dan Kanker Lambung. Sejumlah studi ilmiah modern menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengurangi terjadinya kanker lambung. Tapi masih diperlukan berbagai studi ilmiah lanjutan mengenai hal ini. Minyak Zaitun dan Kanker Colon. Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa peng-konsumsian buah-buahan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun, memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon. Minyak Zaitun dan Kanker Kulit (Melanoma). Majalah Dertmatdogg Times edisi bulan Agustus 2000 M menyebutkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa meng-gunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur, akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma).

Minyak Zaitun Mengurangi Timbulnya Tukak Lambung.Dr.Samût, dari Universitas Harvard Amerika, menyampaikan sebuah studi di Kongres Terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika yang diadakan pada bulan Oktober 2000 M. Dr. Samût menegaskan bahwa gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung. Minyak Zaitun Berkhasiat Seperti ASI. Dalam sebuah studi modern yang dipublikasikan di bulan Februari 1996 M di Universitas Barcelona, Spanyol, yang dilakukan terhadap empat puluh wanita yang menyusui, diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun.

Minyak Zaitun Mengurangi Peradangan Sendi. Majalah AMJ CLIN NUTR edisi November 1999 M, mempu-blikasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian semacam arthritis di Yunani Utara. Mereka dikorelasikan dengan 108 orang yang sehat. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pengkonsumsian minyak zaitun bisa memberikan andil dalam melindungi tubuh dari terjadinya penyakit ini.

Minyak Zaitun Membunuh Kutu Kepala. Beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, tentang kutu kepala, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut yang terkena kutu, dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala. Kiranya jelas sudah info khasiat dan pengobatan dengan Minyak Zaitun, semoga bermanfaat bagi kita semua. Alhasil, setiap penyakit ada obatnya, kita bertawakkal dan berserah diri kepada Allah Ta’ala, akan tetapi Ikhtiar menjaga kesehatan itu lebih baik dari pada pengobatan.


D. JAMUR TRUFFLE

White truffle atau biasa juga disebut Alba Truffle berasal dari sebuah wilayah bernama Piedmont di Italia Utara. Jenis jamur ini juga bisa ditemukan di Kroasia, tepatnya di hutan Motovun di semenanjung Istria, sepanjang Sungai Mirna.

Jamur Putih biasanya tumbuh simbiotis bersama pohon ek, hazel, dan mekar saat musim gugur. Jamur ini bisa tumbuh hingga berdiamater 12 sentimeter dan berat 500 gram. Namun, ukuran normal bisa jauh lebih kecil. Daging jamur berwarna krem pucat atau pun cokelat muda dengan bulatan-bulatan putih.

Para pencari jamur biasanya menggunakan anjing untuk melacak. Karena sulit ditemukan, tak heran harganya mahal sekali, seperti juga black truffle dari Prancis. Bisa menikmati seiris dua iris saja jamur ini dianggap sebagai pengalaman berharga.

Pasar jamur putih di Alba biasanya paling sibuk di bulan Oktober dan November. Tak heran, harganya mahal. Pada 2001 saja, harga jamur ini mencapai US$ 1.000 hingga US$ 2.200 per pon. Di tahun 2005, white truffles mencetak rekor penjualan termahal seharga 12.600 dolar AS (sekitar Rp 110 juta) untuk 1,21 kg. Rekor ini pecah pada 13 November 2006, di mana 1,51 kg white truffles yang ditemukan oleh Luciano Savini dan anjingnya Rocco,dihargai 160.000 dolar AS atau setara dengan Rp 1,44 miliar! Pembelinya adalah Sir Gordon Wu, salah satu pengusaha kaya di Hong Kong

Rekor penemuan jamur terbesar juga pernah diraih seorang Italia, Giancarlo Zigante dan anjingnya, Diana. Ia sempat memukau dunia karena berhasil menemukan jamur putih terbesar di Buje, Kroasia, dengan berat 1,31 kilogram.

Di Indonesia, white truffles hanya ada di restoran-restoran mahal dan hotel berbintang lima dengan harga sekitar 1 juta rupiah per porsi makan malam. Itu pun hanya disajikan dalam bentuk salad beberapa potong.

Secara rasa, jamur truffles ini susah untuk digambarkan dan mungkin bisa dikatakan berasa campuran keju, bawang putih, serta kubis dengan aroma yang kuat dan tajam. Tak perlu banyak mengolah karena hanya dengan sedikit mentega atau mayones dan dijadikan salad, jamur ini sudah terasa luar biasa.

Jamur truffles disebut juga sebagai berlian dari dapur. Selain karena rasanya yang istimewa dan harganya yang selangit, jamur ini sebelum dipotong dianalogikan sebagai berlian yang belum diproses, kotor dan tak tampak spesial. Tetapi, setelah dibersihkan dan dipotong, daging buahnya putih bersih seperti keju atau mentega dengan wangi yang menggoda.

1. Habitat Jamur Tuffle

Jamur truffles adalah sejenis jamur yang hidup sebagai mikoriza (jamur yang tumbuh bersimbiosis pada akar tanaman lain). Jamur ini tergolong pada jamur bergenus Tuber, kelas Ascomycetes, dan divisi Mycota. Nama spesiesnya sendiri adalah Tuber magnatum (white truffles) dan Tuber melanosporum (black truffles).

Jamur truffles bisa ditemukan pada 5-40 cm di bawah permukaan tanah. Biasanya dalam bentuk formasi melingkar pada akar pohon ek (oak). Itu sebabnya dalam berburu jamur ini digunakan anjing atau babi yang bisa melacak bau jamur di dalam tanah. Banyak ditemukan di Timur Tengah, Italia, Yunani, Cina, dan Mesir. Iklim pantai yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembap menjadi tempat optimal untuk tumbuhnya jamur ini.

Pada abad ke-17 jamur ini mulai dikenal karena rasanya yang enak, dan sangat disukai Raja Francis I dari Prancis. Lambat laun negara-negara barat lainnya pun menyukai jamur ini. Di pasar Prancis, jamur truffles populer di akhir tahun 1780-an. Hanya golongan orang-orang kaya yang biasa menyantap hidangan ini.

E. CUKA LAUK PARA NABI

Selama ini banyak orang yang meremehkan cuka karena baunya tidak sedap. Padahal khasiat yang dikandungnya sangat besar bagi kesehatan. Rasululullah Shallallahu ‘alaihi wasallam termasuk menyukainya. Suatu ketika beliau mengajak Jabir bin Abdullah ke rumahnya. Tatkala telah sampai, beliau bersabda: “Apakah ada makanan untuk makan siang atau makan malam?” Lalu Thalhah mengeluarkan potongan roti. Beliau bertanya, “Apakah ada lauknya?” Thalhah menjawab, tidak ada kecuali hanya sedikit cuka. Beliau bersabda, “Tolong bawalah ke sini, karena cuka adalah lauk yang paling baik.”

Jabir berkata, “Saya menyukai cuka sejak saya mendengarnya dari Rasulullah.” Thalhah berkata, “Saya menyukai cuka sejak saya mendengar dari Jabir. (Riwayat Ahmad) Ternyata cuka telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Cairan ini dihasilkan dari fermentasi buah yang kaya akan gula seperti apel, anggur merah, malt, dan beras.

Karena khasiat yang dikandungnya begitu besar, cairan ini termasuk minuman yang disukai para nabi. Dalam sebuah Hadits disebutkan bahwa Rasulullah pernah berdoa, “Ya Allah berkahilah cuka karena ia adalah tuak para Nabi sebelumku” (Riwayat Ibnu Majah )

Menurut hasil penelitian, zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti kanker, jantung, arthritis, pengeroposan tulang, alergi, dan gangguan pencernaan.

Cuka juga terbukti membantu menurunkan berat badan. Bahkan, selain sebagai campuran makanan yang melezatkan, cuka merupakan cairan pembersih dan pengawet makanan alami yang ramah lingkungan. Khasiat lain yaitu sebagai obat penyakit kuning, pembersih tubuh dan mencegah penyakit bengkak-bengkak. Selain untuk kesehatan, cuka bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kebersihan rumah. Misalnya membersihkan shower yang mampet, lantai kusam, hingga membersihkan kerak botol.


Switch to our mobile site